YBS Mundur sebagai Penyelenggara Cap Go Meh

YBS Mundur sebagai Penyelenggara Cap Go Meh

  Kamis, 8 November 2018 21:10
Perayaan Cap Go Meh Tahun 2018 yang digelar Yayasan Bhakti Suci berlangsung meriah. Tahun 2019 mendatang, YBS tak lagi menjadi panitia kegiatan.

Berita Terkait

PONTIANAK-Yayasan Bhakti Suci memutuskan mengundurkan diri dari kegiatan Cap Go Meh 2019. Perihal itu dibenarkan Herry Sandra sebagai Sekretaris II Yayasan Bakti Suci.

Herry menjelaskan kemunduran itu untuk memberikan kesempatan pihak lain yang ingin mengelola perayaan Cap Go Meh. 

Seperti yang diketahui sudah tujuh tahun Yayasan Bakti Suci sebagai penyelenggara Cap Go Meh. Perayaan budaya ini biasanya dipusatkan di Jalan Gajahmada dan Jalan Diponegoro sebagai pusat kuliner. 

Ada tiga kegiatan yang digelar dalam perayaan Cap Go Meh. Arakan naga, pasar kuliner dan pemasangan lampion.

"Tahun ini bukan kami lagi, karena pihak lain yang sudah lebih dulu memasukan permohonan rekomendasi ke Pemerintah Kota Pontianak," kata Herry saat dihubungi Pontianak Post, sore kemarin.

Ia menjelaskan ihwal itu dimulai ketika pihaknya berkirim sudah ke Pemerintah Kota Pontianak untuk permohonan rekomendasi sebagai pihak yang menyelenggarakan Perayaan Cap Go Meh.

Surat itu dikirim tanggal 9 Oktober 2018. Pemerintah Kota Pontianak menjawab surat tersebut sekaligus mengundang untuk berkomunikasi karena ada komunitas Tionghoa lain yang sudah lebih dulu mengajukan permohonan rekomendasi.

"Informasi ini tentu kami bawa bersama rapat pengurus. Hasilnya kami memilih mengundurkan diri dari penyelenggaraan," terang Herry.

Herry memastikan tidak ada persoalan yang terjadi. Pihaknya hanya memberikan kesempatan kepada komunitas lain yang ingin menjadi penyelenggara Cal Go Meh tahun depan. "Siapapun yang mau melakukan kami persilakan. Kami tidak ingin ada anggapan bahwa Yayasan Bakti Suci yang memonopoli. Jika ingin berbuat lebih baik lagi silakan," kata Herry.

Herry menambahkan dengan pengunduran diri itu secara otomatis Yayasan Bakti Suci tidak mempersiapkan agenda khusus untuk perayaan Cap Go Meh. "Pastinya Imlek bersama tetap kami gelar, tapi apakah ada agenda lain yang disusun untuk perayaan Cap Go Meh, kami belum ada rencana kesana," ungkap Herry.  (mse)

Berita Terkait