Yamaha Tak Ingin Buru-Buru

Yamaha Tak Ingin Buru-Buru

  Jumat, 30 September 2016 09:53
BALAPAN: Pembalap Movistar Yamaha MotoGP’s Jorge Lorenzo (kiri) dan Valentino Rossi saat balapan Grand Prix Aragon di track balapan Motorland, Alcaniz (25/9). JOSE JORDAN / AFP

Berita Terkait

MOTEGI – Gagal menjuarai tujuh seri MotoGP terakhir tidak membuat Yamaha ketir-ketir. Team director mereka, Massimo Meregalli, menegaskan bahwa timnya tidak sedang berjalan mundur. Meski demikian, dia mengakui sang rival, Honda, kini menuai hasil lebih positif dari perbaikan-perbaikan beberapa komponen yang dilakukan.

Dua pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, gagal menempati podium tertinggi di tujuh balapan terakhir. Finis pertama yang diraih Rossi pada seri ketujuh di Catalunya 5 Juni lalu menjadi kali terakhir tim berlambang garpu tala itu meraih kemenangan.

Di sisi lain, Honda melalui tim pabrikan maupun satelitnya berhasil menjuarai lima dari tujuh seri balapan terakhir. Dua kemenangan seri lain dibagi rata untuk Suzuki dan Ducati. ’’Kami tidak mundur. Hanya, Honda yang membuat beberapa kemajuan lebih baik,’’ ucap Meregalli dilansir Motorsport.

Meregalli lebih detail menyebutkan, pengembangan sasis dan swing-arm yang dilakukan dalam beberapa seri terakhir belum tampak memberikan dampak signifikan untuk performa motor YZR-M1 mereka. ’’Di satu saat, keadaan berpihak kepada kami. Di saat lain, keadaan berpihak untuk orang lain,” ucapnya.

Ditanya tentang keputusan Yamaha yang menunda percobaan terhadap motor baru mereka yang akan digunakan pada musim balap 2017, Meregelli mengatakan, langkah itu diambil karena timnya sedang bekerja keras untuk menyempurnakan motor tersebut. Dia berjanji M1 terbaru siap ditunjukkan ke publik pada 23 dan 24 November di Sepang. ’’Di motor baru itu, kami ingin mendapatkan horse power yang lebih tinggi. Namun, juga tidak mengurangi low-end performance,’’ jelas Meregalli.

MotoGP seri ke-15 sendiri bakal digelar di Sirkuit Motegi, Jepang, pada 16 Oktober. Sirkuit Motegi menjadi satu di antara empat sirkuit terakhir yang menjadi host MotoGP tahun ini. (irr/c17/tom)

Berita Terkait