Wujudkan Swasembada Sayur

Wujudkan Swasembada Sayur

  Rabu, 16 May 2018 10:42
EXPO:Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bersama Wakil Wali Kota Singkawang Irwan menghadiri Regional Expo Hortikultura Kelompok Tani Jas B di Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan, kemarin. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

SINGKAWANG--Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bersama Wakil Wali Kota Singkawang Irwan menghadiri Regional Expo Hortikultura Kelompok Tani Jas B di Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan Selasa (15-5-2018) kemarin.  Ia berharap Expo Holtikultura ini mampu mendongkrak produktifitas pertanian di kota Singkawang. "Saya berharap adanya kegiatan ini terjadi peningkatan produktifitas khususnya jagung manis,  cabe dan komoditi sayuran lainya di kota Singkawang sehingga kota Singkawang mampu menciptakan swasembada sayur maupun pangan lainya buat daerah lainya," ungkapnya. 

Pelaksanaan Ekspo Hortikultura diharapkan agar menjadi contoh kelompok tani lainnya untuk pengembangan budidaya Palawija dan sayuran sehingga produksi sayur kota Singkawang mampu memenuhi keperluan sayur di Kota Singkawang dan kelebihannya bisa dijual ke kabupaten kota di Kalbar. Hal ini dikarenakan sayuran makanan bergizi sekaligus harganya terjangkau 

Untuk mengoptimalkan hal tersebut maka ia meminta dinas terkait, perusahaan perusahaan yang membidangi pertanian agar bersinergi. Salah satu caranya diharapkan dinas terkait,  perusahaan perusahaan, kelompok tani,  penyuluh pertanian dapat rutin bertemu dalam rangka penyampaian program pertanian. "Semoga dengan kegiatan ini panen kita kedepan lebih baik lagi,  kecukupan pangan dan gizi keluarga terpenuhi,  dan ketersedian pangan kota Singkawang terwujud serta melimpah," harapnya. 

Ia mengatakan sebagaimana visi dan misi Singkawang Hebat yang salah satunya adalah mewujudkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang handal kreatif dan mandiri, maka di era kepemimpinannya ia berkeinginan mengoptimalkan pemanfaatan dan pengendalian potensi sumber daya alam,  dalam upaya peningkatan masyarakat. 

Dikatakannya sektor pertanian menjadi salah satu komponen pembangunan nasional dalam menuju swasembada pangan guna mengentaskan kemiskinan. Selain itu,  tambah dia,  pentingnya peran sektor pertanian dalam pembangunan nasional diantaranya sebagai penyerap tenaga kerja, menyumbang produk domestik bruto,  sumber devisa,  bahan baku industri,  sumber bahan pangan dan gizi,  serta pendorong bergeraknya sektor sektor eknomi lainya. 

Karena, tambah dia,  apa yang ingin dicapai adalah merupakan cita cita bersama masyarakat kota Singkawang. "Makanya kita berkeinginan kuat segera mempercepat pembangunan ekonomi yang berkeadilan melalui perkembangan sektor unggulan serta Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui peningkatan iman dan taqwa serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi," jelasnya.  Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Singkawang Sujianto,  Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Kota Singkawang Yusnita. (har) 

Berita Terkait