Wujudkan Kawasan Konservasi

Wujudkan Kawasan Konservasi

  Sabtu, 8 Oktober 2016 10:44

Berita Terkait

SAMBAS- Pemerintah Kabupaten Sambas menyambut baik upaya forum Konservasi Sumber Daya Ikan Kalimantan Barat dalam agenda kerja di Sambas. Hal ini sangat strategis dan membantu pemerintah daerah mewujudkan kawasan konservasi Paloh.

Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH mengatakan agenda dari FKSDI Kalbar, dalam rangka mewujudkan rencana pencadangan kawasan konservasi Paloh dan rencana aksi daerah pengelolaan penyu Kabupaten Sambas.

 “Konservasi memberikan kelangsungan dan kelestarian lingkungan ekosistem sekitar garis pantai yang ada di Kabupaten Sambas yang merupakan tempat berkembang biak penyu,” kata Wabup saat menghadiri forum rembuk di Camp WWF di Pantai Sungai Belacan Kecamatan Paloh.

Terpenting juga, sebutnya, bagaimana terus membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keseimbangan alam, lingkungan dan ekosistem yang ada. “Memang dalam mewujudkan memerlukan kerja keras. Sehingga dengan kehadiran beberapa organisasi sosial dan kemasyarakatan yang concern terhadap masalah kelestarian dan

konservasi sangat membantu pemerintah daerah,” katanya.

Dengan kerjasama semua sektor dan keterlibatan masyarakat untuk mendukung kegiatan konservasi sebagai upaya melindungi kepunahan satwa yang dilindungi. Maka tujuan yang diharapkan akan berhasil.

“Jangan sampai anak cucu kita kedepannya hanya melihat foto-foto penyu saja, karena sudah punah,” katanya.

Dari WWF, Dwi Suprapti menyebutkan habitat penyu di Kecamatan Paloh menjadi satu diantara beberapa lokasi yang menjadi prioritas pengelolaannya. “Saat ini sedang dikonsepkan rencana aksi daerah guna konservasi penyu,” kata Dwi.

Menurutnya, hal ini bukan tanpa alasan. Lantaran di Paloh, terdapat empat dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia. “Spaloh adalah bagian dari prioritas perhatian konservasi penyu. Sehingga konservasi ini patut mendapat perhatian kita semua,” katanya.

Usai merumuskan beberapa konsep konservasi, Wabup bersama Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Pontianak, Perwakilan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Laut dan Perikanan RI, Kadis Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Sambas, serta para aktivis dan Kelompok Sadar Pariwisata yang ada di Paloh menggelar pelepasan tukik atau anak penyu di Pantai Kampak Sungai Belacan Kecamatan Paloh.(fah)

Berita Terkait