Wujudkan Desa Bertata Ruang

Wujudkan Desa Bertata Ruang

  Selasa, 20 March 2018 11:00
KONSULTASI PUBLIK: Gemawan menggelar konsultasi publik penyusunan model regulasi lokal terkait tata ruang skala desa. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Lembaga Swadaya Masyarakat Gemawan menggelar Konsultasi Publik Penyusunan Model Regulasi Lokal terkait Tata Ruang Skala Desa di Gedung Pertemuan Anugerah, Sukadana, Senin (19/3). Mereka tak memungkiri jika rencana tata ruang desa belum ada rujukannya di Indonesia.

Kondisi inilah yang diakui mereka menjadi kesulitan tersendiri dalam mengidentifikasi komponen materi teknis rencana tata ruang untuk skala desa, yang dapat melengkapi rencana pembangunan desa yang memiliki dimensi ruang atau spasial. "Konsultasi publik ini diarahkan untuk merumuskan komponen materi teknis rencana tata ruang skala desa, sebagai upaya untuk mewujudkan rencana tata ruang," kata Hamdani, narasumber yang didatangkan Gemawan.

Ia berharap jangan sampai perencanaan yang sudah dibuat menjadi tidak sesuai ketika dilaksanakan. Dia memisalkan pada pembangunan cetak sawah, tetapi sudah tidak ada lagi ruang di desa yang menjadi lahannya. 

Sementara itu, Sini dari Gemawan usai kegiatan mengatakan, dari kegiatan tersebut akan segera dilakukan pertemuan sekali lagi di tingkat kabupaten dan juga pertemuan di tingkat desa, khususnya di Desa Dusun Besar yang menjadi pilot project. 

"Hasil pemetaan akan dibagikan kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang berkompeten. Akan segera dibuat format Peraturan Desa tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Desa. Pengumpulan data pendukung draft Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan Pulau Maya. Serta peraturan-peraturan lokal, seperti Perda, Perbup urunan, dan UU Desa," tutupnya. (dan)

Berita Terkait