Wisuda IAIN Pontianak

Wisuda IAIN Pontianak

  Sabtu, 30 April 2016 09:47
FOTO BERSAMA: Rektor IAIN Pontianak didampingi wakil Rektor. ISTIMEWA

Berita Terkait

INSTITUT Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, hari ini, 30 April 2016, mewisuda 209 lulusan magister dan sarjana, serta mengukuhkan gelar pegawai yang telah menyelesaikan S3 dan S2, semester genap tahun akademik 2015/2016. Ketua panitia wisuda, H Khairunas SH MH menjelaskan, program pascasarjana Pendidikan Agama Islam meluluskan 12 orang. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam 140 orang, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 16 orang. Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam, Jurusan Ekonomi Islam 19 orang, Jurusan Mu’amalah enam orang, Jurusan Perbankan Syari’ah dua orang. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam enam orang, Jurusan Bimbingan Konseling Islam delapan orang.

 
Wisuda kali ini, Muslimin SKomI meraih IPK tertinggi 3,88 (cum laude) dari Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Lulusan tercepat IAIN Pontianak diraih Ridwansyah SEI dengan masa studi tiga tahun enam bulan delapan hari. IPK tertinggi tiap program dan jurusan; Pascasarjana PAI diraih Salito MPdI (3,57), PAI diraih Ibrahim SPdI (3,75), PBA diraih Firmansyah SPdI (3,81), Ekonomi Islam diraih Ridwansyah SEI (3,50), Muamalah diraih Abdul Rahman SHI (3,80), Perbankan Syari’ah diraih Khairunnisa SEI (3,61), Bimbingan Konseling Islam diraih Hikmah Liasevriana SKomI (3,75). Dari 209 wisudawan/ti, ada dua lulusan yang hafidz dan hafidzah (hafal al-Qur’an) 30 Juzz, yaitu Muthi’atul Muslimah SPdI (27) dan Arif Puji Atmoko SPdI (22).

Rektor IAIN Pontianak, Dr H Hamka Siregar Mag menyampaikan, IAIN Pontianak terus meningkatkan kualitas layanan baik sarana prasarana maupun sumberdaya manusia. Pada infrastruktur IAIN memiliki gedung megah, aula praktik qiraah dan ibadah ‘Syeikh Abdul Rani Mahmud’. Gedung Perkuliahan Tower A ‘Prof KH Saifuddin Zuhri’. Dua gedung megah tersebut diresmikan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Tidak hanya itu, segera mulai dibangun Gedung Perkuliahan Tower B. Pada bidang akademik dan pengembangan lembaga, IAIN Pontianak memacu kualitas kuantitas dosen dan tenaga kependidikan. IAIN Pontianak komit meningkatkan kualitas dosen terus menerus. Mahasiswa IAIN Pontianak juga sering berprestasi di nasional.

Ia mengingatkan, momen berharga tersebut dapat dijadikan semangat baru menggapai cita-cita dan tantangan di masa datang. Wisuda layaknya menjadi manusia baru, siap menghadapi kenyataan sesungguhnya kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan beragama. “Cita-cita tidak akan digapai jika kita tidak merasakan sesungguhnya arti kehidupan. Pengalaman menjadikan diri kita dewasa dalam bersikap dan menentukan arah kesuksesan kelak. Miliki ilmu untuk kemaslahatan umat dan bangsa. Jangan pernah sombong dengan gelar yang disandang dan teruslah memperbaiki akhlak,” pesannya. (biz)

Berita Terkait