Wisata Pantai jadi Pilihan Andalan

Wisata Pantai jadi Pilihan Andalan

  Selasa, 11 June 2019 09:39
RAMAI: Masyarakat Kota Sukadana seperti tumpah ke Pantai Pulau Datuk di setiap libur Lebaran. ISTIMEWA

Berita Terkait

Sejumlah objek wisata selalu ramai dikunjungi ketika libur lebaran tiba. Salah satunya Pantai Air Mata Permai. Objek wisata alam yang terletak di Desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari Ketapang maupun dari luar Ketapang.

Objek wisata Pantai Air Mata Permai sudah mulai ramai dipenuhi wisatawan sejak H+1 lebaran. Jumlahnya terus meningkat seiring bergulirnya masa libur hingga jumlah pengunjungnya mencapai ribuan orang.

Salah satu pengunjung, Dani, mengatakan sengaja datang bersama keluarganya, untuk mengisi libur panjang lebaran. Menurutnya, selain jarak tempuh yang dekat, lokasi pantai ini dinilai masih sangat asri. "Tempatnya cocok untuk bersantai besama keluarga. Jaraknya juga dekat sekitar 30 menit dari pusat kota, jadi ini salah satu destinasi wisata pantai yang tepat," katanya, kemarin (9/6) di lokasi pantai.

Meski demikian, Dani berpesan agar kondisi lalu lintas dan keamanan di kawasan objek wisata Pantai Air Mata Permai masih harus ditingkatkan. Menurutnya, akses jalan masuk lokasi pantai yang masih jalan tanah, tak jarang dikeluhkan oleh pengunjung pantai. Terlebih ketika hujan, selain sempit, mereka kerap kesulitan melewati jalan tersebut karena berlumpur. 

"Harapan kita Pemerintah lebih memperhatikan lagi fasilitas umum di lokasi pantai. Di antaranya tempat sampah dan toilet umum yang kurang tersedia. Selain itu, juga kalau bisa ada pihak keamanan yang standby, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir lagi," harapnya. 

Sementara itu, seorang pedangang di lokasi pantai, Heni, mengaku senang dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang. Heni menyebut omset dagangannya saat musim libur lebaran bisa mencapai puluhan juta rupiah. "Beberapa tahun ini cukup ramai pengunjung yang datang dari sebelumnya. Untuk tahun ini kios dagangannya kita buka dari pagi sampai malam," ungkapnya. 

Seperti pedagang lainnya, masalah yang dihadapi mereka sama. Heni mengaku kesulitan untuk menyiapkan minuman dingin dan es, karena di lokasi kawasan pantai ini masih belum teraliri listrik. Untuk itu ia harus menyiapkan modal lebih untuk mesin genset. "Harapan pedagang di sini semoga ada jalur aliran listrik, jadi kita tidak repot repot lagi menyiapkan genset untuk mesin pendingin dan penerangan," harapnya. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang, Yulianus, mengatakan, pada musim libur lebaran tahun ini antusiasme pengunjung yang merupakan wisatawan lokal, cukup ramai. "Antusias pengunjung cukup ramai pada libur lebaran tahun ini di banding tahun sebelumnya dan hari hari libur biasa," ungkapnya.

Yulianus berpesan kepada warga yang datang berlibur di kawasan pantai agar senantiasa menjaga kebersihan dan keamanan bersama. Selain itu, menanggapi harapan warga mengenai fasilitas umum di kawasan wisata, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dan memajukan sejumlah proyek peninggkatan fasilitas di kawasan objek wisata. 

"Untuk kebersihan pantai sendiri, pengelola pantai ini sudah berkompetisi untuk membersihkannya usai dikunjungi wisatawan. Saya juga berpesan supaya para pengunjung agar senantiasa berhati hati di pantai dan menjaga keamanan dan kebersihan pantai," pungkasnya. 

Pantai Datok Ramai

Seperti halnya Pantai Air Mata Permai di Kabupaten Ketapang, Pantai Pulau Datok di Kabupaten Kayong Utara juga sangat ramai saat libur lebaran lalu. Sejak hari kedua hingga kelima lebaran, pantai yang terletak di Kecamatan Sukadana tersebut selalu dipadati sejumlah pengujung dari berbagai daerah yang ingin menghabisi liburan Idulfitri.

Kendaraan roda dua dan roda empat terlihat tersusun rapi di parkiran yang telah disediakan oleh pihak panitia. Salah satu pengunjung bernama Romi mengakui hampir setiap liburan bersama keluarga besarnya, mengunjungi pantai yang menjadi lokasi perhelatan Sail Selat Karimata 2016 lalu ini.

"Kami hari ini sekeluarga pergi ke Pantai Pulau Datok bersama keluarga besar saya. Walaupun ramai dan macet, tapi tetap seru," kata Romi, Minggu (9/6) di lokasi pantai.

Menurut dia, Pantai Pulau Datok menjadi pilihan keluarga mereka karena sejuk, nyaman, dan indah pemandangannya. "Seharian pun saya bentah kamu di Pantai Pulau Datok," katanya.

Hal senada juga diutarakan oleh Umik Azizah. Pengunjung yang berasal dari  Simpang Hilir ini mengaku merasa tenang jika berada di Pantai  Pulau Datok. "Semua masalah rasanya hilang kalau sudah di sini, walaupun kondisinya ramai seperti libur lebaran saat ini," katanya. (afi/dan)

 

 

Berita Terkait