Wisata Kalbar Bisa Jadi PAD Potensial

Wisata Kalbar Bisa Jadi PAD Potensial

  Jumat, 17 May 2019 10:15

Berita Terkait

SEKTOR wisata pada 14 kabupaten/kota di Kalbar begitu menjanjikan. Daerah-daerah wisata sudah menjadi daya tarik kunjungan wisata. Wisatawan regional maupun mancanegara banyak berkunjung. Hanya fokus pemerintah masih belum maksimal. “Kami melihatnya dari program kerja pemerintah dalam jangka pendeknya,” ungkap Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar,  

Menurutnya jika pemerintah mau lebih maksimal lagi dalam mengelola pariwisata di Kalbar, sektor wisata cenderung dan berpotensi menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) paling besar. “Kita bisa berkaca kepada ke Provinsi Bali, yang memang Pemdanya sangat fokus menata wisata. Hasilnya, sebanding dengan apa yang sudah dikeluarkan. Jika Bali saja bisa melakukan, mengapa Kalbar tidak bisa menirunya,” ujarnya.

Dia melanjutkan, objek-objek wisata di Kalbar cukup beragam. Sebut saja, Kabupaten Landak dengan air mancurnya. Ada Kabupaten Kapuas Hulu dengan Taman Betung Karihun dan Danau Sentarum. Kemudian keraton-keraton yang perlu dilestarikan. Potensi-potensi wisata tersebut, bila ditata dan dikelola lebih fokus, tentu dapat memajukan sektor pariwisata Kalbar.

“Pondasi kita sudah ada tinggal penataan saja yang kerap selalu menjadi masalah dan bukan menjadi prioritas,” ujarnya.

Masalahnya, tambah dia, Kepala Daerah di Kalbar belum memasukkan penataan wisata dalam prioritas anggarannya. “Saya minta Gubernur mengatasi kendala tersebut. Sehingga pembangunan wisata ini bisa masuk agenda utama,” ungkapnya.(den) 

Berita Terkait