Wimnus dan KNPI Gelar Audiensi, Cetak Wirausaha Muda di Kalbar

Wimnus dan KNPI Gelar Audiensi, Cetak Wirausaha Muda di Kalbar

  Jumat, 27 July 2018 10:09
AUDIENSI: Ketua KNPI Kalbar didampingi Ketua Wimnus Kalbar menyerahkan cinderamata buku kepada Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar | WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Menjawab tantangan sektor wirausaha yang semakin maju dan berkembang, Pengurus Organisasi Wirausaha Muda Nusantara (Winmus) bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Barat menyusun program kerja strategis. Mereka menargetkan lahirnya wirausaha muda yang berkualitas di daerah itu. 

“Sesuai amanat yang disampaikan Ketua Umum pada acara deklarasi dan Rapimnas Wimnus di Sorong, Papua Barat beberapa waktu lalu, tujuan utama kita adalah berjuang menciptakan para wirausaha muda baru,” ungkap Ketua Wimnus Kalbar, Dede Kurniawan didampingi Ketua KNPI Kalbar, Erry Iriansyah, ST saat menggelar audiensi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar di Pontianak, Kamis (26/7).

Dede mengatakan, Presiden RI, Bapak Ir. Joko Widodo dalam berbagai kesempatan menekankan perlunya percepatan dalam bidang wirausaha. Sebab, suatu negara akan maju dan berkembang jika jumlah wirausahanya mencapai 14%. 

“Sedangkan jumlah wirausaha yang ada di Indonesia saat ini masih sangat jauh berada pada angka 3,1% dari jumlah penduduk. Maka, program utama Wimnus adalah menciptakan para wirausaha muda baru di seluruh daerah se-Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD KNPI Kalbar, Erry Iriansyah, ST mengatakan pihaknya bersama Wimnus Kalbar telah merancang sejumlah program kegiatan yang strategis untuk pengembangan kreativitas generasi muda. Agar lahir ide-ide kreatif dalam dunia usaha di Kalbar dimasa depan.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bentuk seminar dan motivasi bagi kaum muda dan pelajar agar berfikir positif untuk membangun dunia wirausaha dilingkungannya. Kita akan membangkitkan semangat para pemuda agar aktif berwirausaha,” tegasnya.

Karena itu, Erry berencana mengembangkan kegiatan serupa di seluruh daerah di Kalimantan Barat. DPD KNPI Kalbar yang telah memiliki pengurus cabang di seluruh daerah siap menjadi mitra kerja Wimnus Kalbar guna suksesnya program tersebut.

“Kami sangat mendukung dan siap memberikan kontribusi dalam kegiatan ini. Karena, tujuan program ini sejalan dan seiring dengan cita-cita luhur KNPI untuk mencetak generasi muda yang bermutu, berkualitas dan mandiri,” sebutnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Suprianus Herman menyambut baik program kerja dan kegiatan yang akan dilaksanakan Wimnus bekerjasama dengan KNPI Kalbar. 

“Kami mengapresiasi kehadiran Wimnus, untuk membuka mindset generasi muda supaya memulai wirausaha. Kami siap mendukung dan akan bersinergi bersama Wimnus serta KNPI. Bahkan untuk pendidikan khusus kami juga memiliki program wirausaha. Mungkin kedepan bisa melibatkan Wimnus,” pendapat Suprianus.

Kedepan, Wimnus dan KNPI Kalbar telah mengagendakan sejumlah kegiatan seminar motivasi dan training kewirausahaan dengan tema ‘Succes with Milennial Generation’ dikalangan pelajar Se- Kalbar. Rencananya seminar akan dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2018 Di Ballroom Gardenia Kubu Raya, kemudian tanggal 18 November 2018 Di Ballroom Hotel Aston Pontianak.(wah)

 

Berita Terkait