Wilayah Pontianak Utara Perlu Rumah Sakit

Wilayah Pontianak Utara Perlu Rumah Sakit

  Selasa, 20 March 2018 11:00

Berita Terkait

"Puskesmas tiap kelurahan sebenarnya sudah ada di Kecamatan Pontianak Utara. Bahkan di sana ada pelayanan rawat inap. Masalahnya sekarang fasilitas rujukan rumah sakit minim"

Sidiq Handanu 

PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu memandang persoalan akses ketika membawa pasien ke rumah sakit dari Kecamatan Pontianak Utara menuju rumah sakit terdekat bisa memakan waktu lumayan lama. Dari dasar itu, mendorong dia agar wilayah utara ke depan mesti miliki rumah sakit.

"Puskesmas tiap kelurahan sebenarnya sudah ada di Kecamatan Pontianak Utara. Bahkan di sana ada pelayanan rawat inap. Masalahnya sekarang fasilitas rujukan rumah sakit minim," katanya kepada Pontianak Post, Senin (19/3).

Kalau soal pelayanan kesehatan di Kecamatan Pontianak Utara, kata dia, sebenarnya dilihat dari jumlah puskesmas yang ada tiap kelurahan sudah bisa menjangkau semua jumlah penduduk di sana.

Dijelaskan Sidiq, dalam pemberian layanan kesehatan, satu puskesmas mampu melayani 50 ribu orang. Di utara jumlah penduduk kurang lebih seratus ribuan jiwa. Sekarang Pontianak Utara ada empat Puskesmas di empat kelurahan.  Artinya, dari seratus ribuan jumlah jiwa satu puskesmasnya bisa melayani sekitar 20 ribuan jiwa masyarakat.

Kata Sidiq melanjutkan, kekurangan di sana saat ini adalah dirawat inap belum miliki tenaga dokter spesialis. Akibatnya, jika tak mampu ditangani di puskesmas rawat inap, pasien mesti rujuk ke rumah sakit terdekat. 

Saat ini lanjut dia menjelaskan, rumah sakit terdekat dari Kecamatan Pontianak Utara adalah RS Yarsi, di Kecamatan Pontianak Timur. Selebihnya, rumah sakit lain ada di wilayah kota.

Jika Kecamatan Pontianak Utara miliki rumah sakit, maka ketika ada warga sakit tak perlu lagi membawa pasien berobat ke rumah sakit wilayah kota.  "Saya sangat setuju, jika utara ada rumah sakit. Mengenai dibangun tidaknya rs di sana, kebijakan ada di Wali Kota," kata dia.

Terpisah, Anggota DPRD Pontianak, Amelia Atika setuju jika Kecamatan Pontianak Utara miliki rumah sakit. Menurutnya jika utara miliki rumah sakit, maka akan mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.

"Akses dan memakan waktu di jalan ketika bawa pasien ke rumah sakit jadi soalnya. Apalagi pada jam tertentu macet. Jika tak ditangani cepat bisa-bisa pasien meninggal di jalan. Makanya jika ada wacana pembangunan rumah sakit wilayah utara saya mendukung penuh," katanya.

Untuk lahan menurut dewan dapil utara itu pasti masih ada. Jikapun lahan minim, puskesmas rawat inap tak jauh dari Kantor Camat statusnya bisa diubah menjadi rumah sakit.(iza)

Berita Terkait