Waterboombing Atasi Kebakaran di Pangmilang

Waterboombing Atasi Kebakaran di Pangmilang

  Jumat, 27 July 2018 10:14
ATASI KEBAKARAN: Sejumlah petugas terlihat sedang memadamkan kebakaran yang terjadi di lahan kosong dan semak belukar. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

26 Hektar Lahan Hangus Terbakar

SINGKAWANG—Kebakaran lahan masih melanda sebagian wilayah di Kelurahan Pangmilang Kecamatan Singkawang Selatan Kamis (26/7). Berbagai upaya ditempuh memadamkan kobaran api hingga menerjunkan helikopter untuk melakukan waterbombing ke titik api.

“Hingga kini proses pemadaman di lokasi titik api di Kelurahan Pangmilang masih berlangsung,” ungkap Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Singkawang Jayadi HR Kamis (26/7) kemarin. Kebarakan lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Selatan terjadi sejak  Rabu tanggal 25 Juli 2018 sekitar pukul 09.00 WIB, anggota Polsek Singkawang Selatan bersama dengan Babinsa Kelurahan Pangmilang dan Manggala Agni Kota Singkawang melakukan upaya pemadaman api secara manual dengan menggunakan mesin robin di lokasi lahan milk Saidi, yang beralamat RT. 07 RW. 02 Kel Pangmilang, Singkawang Selatan.

“Lahan yang sudah terbakar saat ini sekira 26 hektar,” ungkap bang Jack sapaan akrabnya. Upaya pemadaman api hingga saat ini masih terus dilakukan, namun api belum berhasil dipadamkan dikarenakan akses jalan menuju lokasi serta sumber air yang sulit dan juga hembusan angin yang kencang sehingga menyulitkan petugas untuk memadamkan api.  “Adapun lokasi kebakaran yang saat ini terjadi merupakan lokasi rawan kebakaran dikarenakan lahan tersebut merupakan lahan gambut yang sangat mudah terbakar,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya bersama instansi lainya sudah melakukan kerjasama dan koordinasi dan telah melakukan waterbooming. “Ini kembali kita lakukan waterboombing di lokasi kebakaran sekitar pukul 09.00 hari ini (Kamis 26 Juli 2018,red),” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, untuk saat ini api masih membakar dan menjalar ke arah lahan milik Tetiono dan Akiak serta ke arah Bukit Adi dan Marhaban Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan yang merupakan lahan hutan dan semak. “Kita terus melakukan pemadaman dalam upaya jangan sampai menjalar kemana mana,” jelasnya. Saat ini seluruh petugas baik dari Tim Manggala Agni Kota Singkawang Polsek Singkawang Selatan, Koramil 16/Sedau, Dinas Kehutanan Kota Singkawang masih siaga penanggulangan kebakaran lahan di sekitar lokasi kebakaran lahan. (har) 

Berita Terkait