Waspadai Lewy

Waspadai Lewy

  Sabtu, 1 Oktober 2016 09:47

Berita Terkait

MUENCHEN – Anak-anak Bayern Muenchen sangat kesal. Phillip Lahm dkk sedang butuh pelampiasan usai kekalahan menyesakkan dari Atletico Madrid di matchday kedua Liga Champions Kamis (29/9).

 
Dan kebetulan pada spieltag keenam malam ini (1/10) di Allianz Arena, Bayern menemukan cara untuk melepaskan rasa malunya tersebut. Apalagi kalau tidak meraih poin absolut atas lawannya FC Koeln di depan publik sendiri.

Melihat posisi kedua tim di klasemen, pertandingan Bayern versus FC Koeln ini akan sengit. Die Roten, julukan Bayern, yang merupakan pemimpin klasemen hanya berselisih empat angka dari FC Koeln yang nangkring di peringkat ketiga.

Bahkan FC Koeln sempat menduduki posisi teratas klasemen pada spieltag ketiga (19/9) lalu. Meski hanya 19 jam bertahta, seluruh pendukung The Billy Goats, julukan FC Koeln, berpesta di dalam Stadion Rhein-Energie juga jalanan kota setelah timnya menang 3-0 atas Freiburg kala itu.

Duduk sebagai pimpinan klasemen meski kurang dari 24 jam adalah buah manis dari penantian FC Koeln dalam 20 tahun terakhir. Malam ini juga musim ini, FC Koeln mencoba menghidupkan lagi mimpi menjuarai Bundesliga yang terakhir didapatnya musim 1977-1978 lalu.

Nah, der trainer Bayern Carlo Ancelotti kemarin (30/9) berkata pastinya tak ingin kehilangan muka lagi. Setelah streak delapan kemenangan oleh pria 57 tahun itu distop Atletico, jangan sampai kejadian itu terulang malam ini.

Ancelotti menuai badai kritik terutama karena mengistirahatkan pilar lini belakang Mats Hummels di bangku cadangan saat lawan Atletico. Kamis lalu mantan pelatih AC Milan, Chelsea, dan Real Madrid itu memilih Javier Martinez dan Jerome Boateng sebagai poros pertahanan Bayern.

“Saya mengambil keputusan yang sulit ketika itu. Saya selalu kesulitan buat menentukan siapa yang berada bangku cadangan,” kata Ancelotti soal pilihannya kepada Martinez-Boateng. Pembelaan Ancelotti itu bisa dimaklumi. Sebab Hummels baru saja sembuh dari cedera lutut yang membekapnya. Jadi, duo Boateng-Hummels sangat mungkin jadi pilihan utama Ancelotti di lini belakang.

Dari barisan pemain yang tersedia, nama Douglas Costa menjadi satu-satunya nama yang masih cedera. Sedang Holger Badstuber masih diragukan bermain karena belum 100 persen fit.

Rotasi juga sangat mungkin dilakukan Ancelotti di lini depan. Hal itu adalah bagian evaluasi dari formasi 4-3-3 yang dimainkannya saat lawan Atletico pada Kamis lalu kurang menggigit.

Maka pergantian Thomas Mueller dan Frank Ribery sebagai winger kanan dan kiri sangat mungkin terjadi. Mueller diganti Arjen Robben. Sementara Ribery diistirahatkan dan memasukkan Kingsley Coman.

Statistik lain yang mendukung kemenangan buat Bayern adalah keberadaan Robert Lewandowski. Lewy, sapaan Robert Lewandowski, selalu membikin gol ke gawang FC Koeln. Dalam delapan pertemuan dengan FC Koeln, pemain timnas Polandia itu mencetak tujuh gol.

Sementara itu, der trainer FC Koeln Peter Stoger yang hadir di Vicente calderon Kamis lalu buat menyaksikan laga Bayern versus Atletico mengaku sudah mengantongi kelemahan anak-anak Bavaria itu.

Pria asal Austria tersebut kepada Bild kemarin berkata akan mencontoh kesolidan lini belakang Atletico. Artinya Stoger tak masalah kalau timnya akan bertahan dan mengandalkan serangan balik.

“Kami ingin sukses dan kami akan menjabarkan apa yang telah kami lihat tentang bagaimana menyetop Bayern. Meski kami tahu, lima klub di Bundesliga sebelumnya tak ada yang berhasil,” tutur Stoger. (dra)

Berita Terkait