Warga Pemangkat Kini Bisa Nikmati Air Bersih

Warga Pemangkat Kini Bisa Nikmati Air Bersih

  Sabtu, 12 May 2018 08:33
AIR BERSIH: Bupati Sambas resmikan operasional PDAM Cabang Pemangkat. Di tahap awal ada sekitar 480 pelanggan bisa menikmati air leding. FAHROZY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PEMANGKAT – Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc langsung memimpin doa sebelum membuka kran air dan memotong pita sebagai tanda diresmikannya Operasional PDAM Cabang Pemangkat, Jumat (11/5) di halaman Kantor Camat Pemangkat.

“Saya sering mendengar laporan dari masyarakat, baik lewat SMS ataupun WA, terkait tingginya biaya mendapatkan air bersih di Pemangkat, dan Alhamdulillah, sekarang setelah diresmikannya operasional PDAM Cabang Pemangkat, warga Pemangkat bisa terbantu untuk pemenuhan air bersih,” kata Bupati Sambas.

Menurut Atbah, pemenuhan kebutuhan air bersih, adalah pelayanan dasar. Ke depannya, ini harus terus ditingkatkan. Dia memohon dukungan  pemerintah pusat melalui Satker, terkait dengan pelayanan air bersih agar bisa terus meningkat.

“Ini merupakan komitmen dalam pemenuhan salah satu pelayanan dasar, pemerintah mendukung hadirnya sambungan rumah (SR) baru di Pemangkat. Ini baru pertama kalinya untuk hadirnya SR yang jumlahnya sekitar 500 pelanggan. Sesuai yang disampaikan Direktur PDAM Sambas akan ada 500 lagi SR. Tentu ini akan didorong, disupport dan ditingkatkan, sesuai nawa cita Presiden RI. Negara harus hadir. Kami meminta kepada PDAM dan Satker bersama dengan  Pemkab Sambas bersama-sama memohon Pempus, untuk bisa menghadirkan pelayanan air ke Sambas,” katanya.

Usai memberikan sambutan, Bupati Sambas meresmikan Operasional PDAM Cabang Pemangkat, dengan membuka kran dan memotong pita. Sebelum dilakukan, Bupati Sambas langsung memimpin doa, didampingi Direktur PDAM, Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Satker, Camat Pemangkat, Tokoh Masyarakat Sambas, TNI/Polri serta perwakilan warga pelanggan PDAM.

Direktur PDAM Tirta Muare Ulakan Sambas, Asriadi ST mengatakan PDAM Cabang Pemangkat mulai diuji coba sejak akhir Januari lalu. Statusnya resmi, yakni sebanyak 480 pelanggan, selain itu dalam upaya percepatan pelayanan di 2018, sebanyak 500 SR juga akan dilaksanakan yang bersumber dari APBN. “Selanjutnya, tinggal menunggu Surat Perintah dari Pusat, juga akan ada program untuk 500 SR di Pemangkat dilaksanakan,” kata Asriadi.

Begitu juga melalui DAK yang dikucurkan pusat melewati Dinas Perkim LH Kabupaten Sambas, ada sekitar 20 SR. “Program-program ini akan berlanjut, tinggal bagaimana penyertaan modal sebagai salah satu dan sharing pemerintah daerah, sehingga program-pogram dalam pemenuhan air bersih akan berlanjut sampai 3 tahun, dengan jumlah 5 ribu pelanggan di Pemangkat, Tebas, Sambas dan Teluk Keramat. Ini adalah upaya PDAM Sambas untuk menggenjot sambungan air bersih program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” kata Asriadi.

Anggota DPRD Kabupaten Sambas,  Tjong Tji Hok SPd M Pd alias Bruno mengapresiasi Direktur PDAM Sambas beserta jajarannya, yang memiliki tekad kuat dalam meningkatkan pelayanan pemenuhan air bersih, khususnya untuk warga Pemangkat dan Kabupaten Sambas.

“Kami di legislative, akan mendukung dan mendorong APBD Dan APBN, dalam upaya meningkatkan pelayanan air bersih. Utamanya dalam upaya memberikan subsidi kepada warga tak mampu untuk menyambung air dari PDAM,” katanya. (fah)

 

Berita Terkait