Warga Minta Perbaikan Tempat Sampah

Warga Minta Perbaikan Tempat Sampah

  Rabu, 7 September 2016 09:42
SAMPAH: Sepeda motor melintasi tempat penampungan sampah (TPS) yang rusak di Jalan Demang Akub, Kelurahan Sungai Bulan, Kecamatan Singkawang Utara.

Berita Terkait

SINGKAWANG-Sejumlah masyarakat mengeluhkan ada beberapa titik tempat penampungan sampah yang saat ini kondisinya sudah tidak layak digunakan lantaran rusak dan tidak terawat di lingkungan Pemerintahan Kota Singkawang.

 
Warga sekitar berharap melalui dinas terkait untuk segara melakukan perbaikan dan menata kembali tempat penampungan sampah yang rusak. Supaya tataletak kebersihan sampah dapat tercipta dengan baik, jangan sampai ada kesan pembiaran di tengah kehidupan masyarakat.

"Setiap hari sampah yang dibuang oleh masyarakat sekitar Jalan Demang Akub, Kelurahan Sungai Bulan, Kecamatan Singkawang Utara, banyak yang berserakan. Terkadang armada angkutan truk sampah terlambat. Akibatnya, sampah berantakan hingga kebahu jalan, kumuh dan semerawut," ucap Warga Sungai Bulan, Azman, Selasa (6/9) kepada media ini.

Azman mengatakan, niat baik Pemerintah Kota Singkawang membangun tempat penampungan sampah di Sungai Bulan sudah cukup baik, demi kebersihan lingkungan masyarkat sekitar. Namun perawatan dan perbaikan terhadap tempat penampungan sampah yang ada juga perlu diperhatikan. Sehingga persoalan sampah yang menggangu lingkungan sekitar cepat diantisipasi demi kenyamanan masyarakat.

Ia menuturkan selama ini persoalan sampah kurang mendapat perhatian khusus dari pemerintah terkait. Yakni banyak ditemukan sarana dan prasarana tempat penampungan sampah, kondisinya tidak layak. Sehingga permasalahan sampah yang ada di lingkungan masyarakat tahun demi tahun belum terselesaikan dengan baik.

"Kita melihat banyak sampah berserakan dan berhamburan di pinggir jalan. Warga yang melintas juga merasa terganggu, selain bau dan kotor juga merusak pemandangan. Ini seharusnya tidak dibiarkan begitu saja dan pemerintah harus bisa bergerak langsung menindaklanjuti persoalan sampah di lingkungan masyarakat," harap Azman.

Di tempat terpisah Warga Kelurahan Setapuk Kecil, Andy (30) menambahkan setiap hari melintas di Jalan Demang Akub menggunakan kendaraan sepedamotor.  Ia menyatakan perihatin melihat kondisi tempat sampah yang tidak terawat dengan baik. Hal tersebut seharusnya segera dilakukan perbaikan melalui dinas terkait pemerintah Kota Singkawang,  karena kondisi penampungan sampah sudah rusak.

"Tempat penampungan sampah memang harus menjadi perhtian khusus, ini menyangkut keindahan tata ruang kota maupun kebersihan lingkungan masyarakat Kota Singkawang. Jika kondisinya sepeti ini terus dibiarkan. Sampah yang dibuang masyarakat akan berhamburan kejalan dan sangat menggangu lingkungan," kata Andy saat menunjukan kondisi tempat penampungan sampah yang sudah tidak layak.

Kepala Dinas Kebersihan dan Perumahan Kota Singkawang, Dwi Putra Sumarna menanggapi bahwa pihaknya akan berupaya melakukan perbaikan tempat penampungan sampah yang mengalami rusak parah dilingkungan masyarakat Kota Singkawang.

“Laporan ini akan kita terima terlebih dahulu. Jika ada lagi tempat penampungan sampah yang rusak segera lapor kepada pihak terkait. Kita akan berupaya membangunnya kembali sesuai dengan keinginan masyarakat,” ungkapnya dihubungi media ini.

Dia menyampaikan bahwa persoalan sampah ini akan menjadi prioritas dalam menanggulangi kebersihan lingkungan masyarakat di Kota Singkawang. Sehingga perlu adanya kerjasama antara pemerintah daerah dan masyarakat dilingkungan sekitar. Supaya penanganan sampah ini bisa terselesaikan dengan baik guna mewujudkan keindahan ruangtata kota di pemerintahan Kota Singkawang.

Ia mengharapkan laporan terkait keluhan masyarakat tentang adanya tempat penampungan sampah yang tidak layak akan segera ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah. Namun pihaknya meminta masyarakat tetap bersabar menanantikan anggaran guna membangun tempat penampungan sampah yang rusak tersebut.

“Kita lihat dulu anggaran tahun ini. Jika memadai, kita akan segera perbaiki tempat penampungan sampah yang rusak. Supaya persoalan sampah ini bisa segera diatasi dengan baik bersama masyarakat Kota Singkawang,” harap Kadis Kebersihan dan Perumahan Kota Singkawang. (irn)

 

Berita Terkait