Warga Minta Jalan Poros

Warga Minta Jalan Poros

  Selasa, 28 May 2019 09:38
Audiensi: Perwakilan masyarakat Desa Sungai Asam dan perwakilan masyarakat Dusun Mulyo Rejo Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya melakukan audiensi bersama Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo dan Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam. Ashri/Pontianak Post

Berita Terkait

SUNGAI RAYA — Puluhan perwakilan masayarakat Desa Sungai Asam dan perwakilan masyarakat Dusun Mulyo Rejo Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya, Senin (27/5) menyambangi kantor bupati Kubu Raya. Kedatangan mereka menyuarakan aspirasi warga yang menginginkan adanya peningkatan pembangunan jalan poros di desa masing-masing.  Tokoh masyarakat Desa Sungai Asam, Mansyur mengatakan salah satu kebutuhan masyarakat di desanya yakni adanya peningkatan dan pembangunan jalan poros, yakni jalan poros Kumpai-Zakia dan Zakia – Kali Bandung. 

“Bagi kami jalan poros Kumpai-Zakia dan Zakia-Kali Bandung sangat dibutuhkan masyarakat karena jalan poros ini merupakan salah satu urat nadi akses peningkatan perekonomian bagi masyarakat sekitarnya,” kata Mansyur saat melakukan audiensi bersama Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo. 

Mengingat jalan poros tersebut merupakan urat nadi perekonomian bagi masyarakat disekitarnya. Sehingga sangat dibutuhkan masyarakat, membuat Mansyur berharap agar jalan poros tersebut menjadi bagian dari program prioritas pembangunan di Kubu Raya. “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan berterimakasih dengan pemerintah Kubu Raya melalui pak Sujiwo yang bersedian mendengarkan keinginan atau kebutuhan masyarakat terhadap pembangunan jalan poros. Semoga sajalah, ke depan usulan pembangunan jalan poros ini menjadi salah satu program prioritas pembangunan bagi Pemerintah Kubu Raya,” paparnyaa. 

Dengan diakomodirnya pembangunan jalan poros, kata Mansyur otomatis ke depan, bisa memberikan dampak positif masyarakat yakni masyarakat bisa langsung menikmati jalan poros yang baik dan berkualitas dan pada akhirnya juga bisa menunjang peningkatakan mobilisasi dan aktivitas ekonomi masyarakat. 

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo yang menerima langsung audiensi masyarakat dua desa tersebut mengapresiasi upaya masyarakat dalam mendorong percepatan pembangunan di desa masing-masing. Dia menginginkan agar  masyarakat senantiasa proaktif dalam mendorong percepatan-percepatan pembangunan. Dengan menyampaikan aspirasi dan perkembangan pembangunan sesuai kebutuhan dasar masyarakat di wilayah masing-masing kepada pemerintah dengan cara-cara yang baik. 

 “Ini yang kami butuhkan, masyarakat secara bersama-sama melalui tokoh-tokoh masyarakat datang ke kaami menyampaiakn aspirasi dan kebutuhan-kebutuhan pembangunan bagi masyarakat, dengan cara yang santun,” kata Sujiwo.  Informasi yang benar dan rinci dari masyarakat kata Sujiwo memang diperlukan pemerintah daerah setempat, pasalnya pemerintah daerah pun membutuhkan informasi yang akurat dari masyarakat berkaitan dengan hal-hal apa saja yang langsung bersentuhan dengan warga. Termasuk informasi yang benar-benar memberikan manfaat bagi kelangsungan, kelancaran dan kemajuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. 

Dikesempatan yang sama, pria yang sebelumnya sempat menjabat sebagai Ketua DPRD Kubu Raya ini juga mengajak masyarakat agar kompak dan bersatu, sehingga kegiatan pembangunan dan program-program percepatan pembangunan ditengah masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

“Saya minta masyarakat agar tetap menjaga kekompakan dan keharmonisan, sehingga program-program pembangunan dapat berjalan lancar dan bersama-sama bergandengan tangan peduli dan menjaga,” imbaunya. 

Dia mencontohkan, jika masyarakat dalam satu dusun misalnya, semua kompak dan bekerjasama, kan program pembangunan yang turun didusun itu akan berjalan dengan baik. “Saya akan terus mengupayakan mengakomodir kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat untuk peningkatan derajat hidup dan kesejahtreaan bersama,” jelasnya. 

Tidak hanya membahas mengenai usulan pembangunan jalan poros, dalam audiensi dengan wakil Bupati Kubu Raya tersebut, warga dari Desa Limbung dan Desa Sungai Asam masing-masing menyampaikan aspirasinya berkaitan dengan normalisasi parit. 

Kepala Desa Limbung, Tajudin mengatakan normaliasi parit di Dusun Mulyo Rejo Desa Limbung sangat besar manfaatnya bagi kegiatan pertanian masyarakat dan pemukiman warga yang kerap banjir akibat parit yang jarang dilakukan normalisasi. “Makanya kami rasa progra, normalisasi juga penting di prioritaskan, karena normalisasi parit ini secara tak langsung juga bisa mengantisipasi dan mencegah terjadinya banjir,” ungkapnyaaa. 

Didampingi Sekda Kubu Raya, Yusran Anizam, Sujiwo menyambut baik upaya masyarakat dalam menyuarakan aspirasinya kepada Pemerintah Daerah. Sujiwo berharap dengan komunikasi yang baik natara Pemerintah dengan masyarakat akan semakin mematangkan segala kebijakan dan program yang bersentuhan langsung degan kebutuhan dasar masyarakat. (ash)

Berita Terkait