Warga Manfaatkan Konsultasi Gratis Himpsi Kalbar

Warga Manfaatkan Konsultasi Gratis Himpsi Kalbar

  Minggu, 17 February 2019 16:08

Konseling Gratis yang digelar Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Kalbar di kawasan Car Free Day, Minggu (17/2) disambut antusias masyarakat. Beragam persoalan dikonsultasikan. Mulai dari persoalan rumah tangga, pendidikan, hingga minat dan bakat. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Musyawarah Wilayah Himpsi Kalbar.  

Konsultasi gratis ini juga menghadirkan permainan ular tangga yang dimainkan sejumlah anak-anak di kawasan Halaman Masjid Raya Mujahidin. Anak-anak ini tampak senang dan begitu asyik. Berbeda dengan orang dewasa. Mereka memanfaatkan kesempatan langka ini untuk berkonsultasi. Berharap konsultasi gratis ini dapat membantu memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi.

Fitri Sukmawati, Ketua Himpsi Kalbar sangat senang dengan sambutan masyarakat atas aksi ini. Konseling gratis yang melibatkan 20 psikolog, sarjana psikologi, dan mahasiswa ini bertujuan untuk mengenalkan psikologi kepada masyarakat, juga berkonsultasi. “Konsultasi gratis Himpsi Kalbar ini ingin mendekatkan diri dengan masyarakat, dan mengedukasi masyarakat tentang dunia psikologi,” katanya. 

Tak hanya konsultasi gratis, panitia juga menghadirkan tes minat bakat. Kesempatan ini dimanfaatkan sejumlah remaja untuk melakukan tes. “Tes minat bakat ini bisa untuk memilih jurusan ketika sekolah, atau juga ketika masuk kuliah nanti, atau kira-kira nanti mau bekerja bidang apa,” papar Dosen di IAIN Pontianak ini. 

Persoalan anak, penerapan pola asuh pada anak juga menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. “Kami juga membantu mencarikan alternatif ketika orang tua punya kendala dalam menangani anak, dalam persoalan keluarga,” tambahnya. 

Konsultasi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Himpsi Kalbar. Sebelumnya, Sabtu 16 Februari 2019 diselenggarakan pengenalan Psychological First Aid For All yang menghadirkan Gones Saptowati, Psikolog dan Praktisi dan pemateri untuk PFA. 

Seminar akbar akan diadakan pada 24 Februari 2019. Rencananya, Gubernur Kalbar akan menjadi pembicara utama bersama Ketua Himpsi Pusat. Kegiatan yang akan dilaksanakan di Hotel Harris tentang pengembangan Sumber daya Manusia (SDM) Revolusi Industri 4.0. “Di hari yang sama nanti, kami juga akan mengadakan musyawarah wilayah untuk memilih pengurus Himpsi Kalbar yang baru,” kata Fitri. 

Fitri menilai masyarakat mulai memahami dunia psikologi. Bahkan sudah banyak yang bisa membedakan antara psikolog dan psikiater, termasuk cara penanganan. Menurut Fitri, dalam membantu masyarakat menangani beragam persoalan, mesti ada kerjasama dengan berbagai pihak. Saling mendukung untuk kebaikan. Menurut dia, pada intinya bagaimana masyarakat itu menjadi lebih sehat, dan lebih baik. Persoalan-persoalan yang dihadapi tidak membuat masyarakat putus asa, tetapi mampu mencari solusi terbaik. (mrd)