Warga Lesehan, Nikmati Makanan di Atas Tikar

Warga Lesehan, Nikmati Makanan di Atas Tikar

  Senin, 22 April 2019 11:28
BATU POSOK: Wisata alam Batu Posok diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat setempat. Ke depan masih diperlukan penataan dan pengadaan fasilitas. (sugengrohadi/pontianakpost)

Berita Terkait

Wisata Alam Batu Posok, Lupakan Mantan, Bahagia Di Sini

Kabupaten Sanggau terus membuka sejumlah lokasi wisata bagi masyarakat. Usai Pancur Aji, Taman Sabang Merah dan Komplek Wisata Sentana, baru-baru ini wisata Batu Posok juga dibuka. Bertempat di Desa Penyeladi, Kecamatan Kapuas, menuju lokasi ini hanya membutuhkan waktu lima belas menit dengan kondisi jalan yang mulus.

SUGENG ROHADI, Sanggau

LOKASI wisata Batu Posok di Penyeladi kembali dibuka. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Sanggau menjadikannya alternatif bagi masyarakat untuk menikmati akhir pekan. Mulai dari anak-anak sampai kakek nenek terlihat bersantai pada Minggu (21/4) pagi kemarin.

Usai membayar tiket masuk dan parkir motor senilai dua belas ribu rupiah, harian ini bergegas menuju bagian bawah tempat wisata itu. Menuruni tangga yang masih berupa tanah, tepat di sisi sebelah kiri terdapat tulisan Lupakan Mantan, Bahagia di Sini dengan hastag Batu Posok. 

Terus menuruni anak tangga hingga ke bawah, sudah banyak sekali warga yang datang dan mengambil tempat dengan menggelar tikar. Sebagian lagi duduk dan bersantai di beberapa kursi kayu yang telah disiapkan oleh pengelola lokasi tersebut.

Di bawah pepohonan yang tumbuh berdampingan terpasang hammock atau biasa disebut ayunan pohon. Ada juga ayunan yang dibuat dengan ban bekas dan beberapa fasilitas lainnya yang mayoritas menggunakan bahan alam seperti kayu dan sebagainya.

Di bagian belakang lokasi wisata tersebut terdapat aliran air batu dan juga kolam yang banyak digunakan untuk mandi dan berseluncur baik anak-anak maupun orang dewasa. Lokasi sekitar aliran air batu tersebut memang lebih banyak diminati oleh warga yang berkunjung. Selain bisa mandi, kondisinya yang sejuk dan tenang membuat mereka betah duduk dan menikmati santapan.

Keindahan alam yang disajikan oleh Batu Posok sejatinya mampu menarik pengunjung yang cukup banyak di akhir pekan. Meski baru saja dibuka kembali, lokasi ini telah mampu menjadi tempat tujuan wisata baru bagi masyarakat Sanggau yang tidak bisa berlibur ke luar daerah.

Dengan potensi wisata tersebut, perlahan tapi pasti, lokasi tersebut mulai ditata agar lebih indah. Sejumlah fasilitas juga terlihat sedang dibangun. Tidak lupa juga faktor keamanan bagi anak-anak mengingat beberapa bagian terdapat jurang yang cukup terjal.

Sari (32) misalnya, salah satu pengunjung di Hari Minggu kemarin mengaku senang dengan adanya wisata alam yang tidak jauh dari kota. Datang bersama keluarga kecilnya, dia terlihat menikmati beberapa bagian dari lokasi wisata tersebut. Bahkan sebelum pulang pada siang hari, dia menyempatkan diri mengabadikan momen kunjungannya di Rumah Pohon, salah satu tempat yang banyak digunakan untuk berfoto.

Ada juga Susi, warga Sekadau yang sengaja datang untuk melihat dan bersantai di sana. Bersama ibu dan adik-adiknya, mereka bersantai di pinggiran air batu dengan suasana yang sejuk. Dia mengatakan lokasinya tidak terlalu jauh dari Sekadau dan bisa menjadi lokasi alternatif keluar daerah untuk berlibur dengan keluarga.

 “Ndak juga jauh dari Sekadau. Kan biasa juga lewat kalau keluar daerah. Jadi akhir pekan ndak ada salahnya sesekali datang ke sini,” katanya.

Semakin banyak dibukanya lokasi wisata daerah sejatinya akan memberikan keuntungan bagi daerah maupun kelompok masyarakat di sekitar lokasi wisata. Perlahan, perekonomian masyarakat dapat dikembangkan menjadi lebih baik kedepannya. Semoga. (*)

Berita Terkait