Warga Korban Kebakaran Pasar Merdeka Rayakan Imlek Meski Sederhana, Kemeriahannya Tetap Terasa

Warga Korban Kebakaran Pasar Merdeka Rayakan Imlek Meski Sederhana, Kemeriahannya Tetap Terasa

  Kamis, 7 February 2019 12:04
RAYAKAN IMLEK: Kemeriahan malam perayaan Imlek dan Cap Go Meh, di Pasar Merdeka Putussibau, dua malam lalu. BUKTIPERS.COM

Berita Terkait

Walaupun tengah dilanda musibah kebakaran hebat yang menghanguskan belasan ruko dan rumah di Komplek Pasar Merdeka Putussibau, tidak menyurutkan rasa syukur warga Tionghoa untuk merayakan tahun baru Imlek.

SALAH satu korban kebakaran Pasar Merdeka, Stepanus Apo mengatakan, musibah yang berlalu biarlah berlalu, tidak perlu diratapi. Justru sebaliknya, dia mengajak yang lainnya untuk lebih banyak bersyukur.

“Kita tidak perlu terlarut dalam duka, kita harus lebih banyak bersyukur dan menatap kehidupan masa mendatang,” katanya.

Pada perayaan Imlek kali ini, kata Apo, warga Tionghoa di Pasar Merdeka memang hanya merayakannya dengan hiburan rakyat sederhana yaitu dihibur oleh orgen tunggal dan penyanyi lokal serta permainan barongsai.

“Semalam kami bersuka cita menyambut Imlek dengan rasa syukur serta ada hiburan orgen tunggal, barongsai dan kembang api pada detik-detik pergantian tahun baru Imlek,” lanjutnya.

Menurut Apo, perayaan suka cita Imlek bukan hanya milik warga Tionghoa, namun seluruh masyarakat. Karena, menurutnya, Imlek dan Cap Go Meh, menurut dia, merupakan sisi unik bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman suku dan budaya yang menjadi aset bangsa.

Ia berharap perayaan Imlek di tahun mendatang lebih meriah lagi dengan dukungan pemerintah.

“Saya melihat masyarakat sangat antusias ingin menyaksikan hiburan dan permainan barongsai, apalagi jika kegiatan seperti itu dikemas dengan baik dan menjadi agenda pemerintah saya rasa pasti menarik perhatian menjadi sebuah wisata,” kata Apo.

Selain itu, mewakili warga Tionghoa, Apo menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian dan TNI yang memberikan pengamanan pada Imlek di Kapuas Hulu. Sehingga, harapan dia, malam perayaan menyambut tahun baru Imlek itu berjalan aman dan lancar.

“Semoga Kapuas Hulu tetap aman dan selalu terjaga keharmonisan serta kerukunan di tengah-tengah masyarakat,” harap Apo.

Sementara itu, Kepala Polres (Kapolres) Kapuas Hulu AKBP Handoyo memastikan perayaan Imlek di Kapuas Hulu aman dan kondusif. “Alhamdulillah situasi tetap aman dan kondusif, sehingga saudara kita yang merayakan Imlek merasa nyaman,” kata Handoyo.

Dipastikan dia juga, pengamanan Imlek dan Cap Go Meh masih terus dilakukan. Pengamanan dilakukan mereka selain di pasar, juga di sejumlah titik digelar patroli bersama dengan pihak TNI. 

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 1206 Putussibau, Letkol Inf. Basyaruddin mengatakan bahwa pihaknya melakukan pengamanan dengan menyiagakan prajurit. Hal itu dilakukan mereka demi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan Imlek dan Cap Go Meh.

“TNI-Polri bersama-sama di lapangan memberikan pengamanan di wilayah Kapuas Hulu,” ucap Basyaruddin. (arf)

Berita Terkait