Warga Desa Sungai Awan Kiri Siap Jadi Mitra PT. MPK

Warga Desa Sungai Awan Kiri Siap Jadi Mitra PT. MPK

  Jumat, 25 November 2016 09:30

Berita Terkait

KETAPANG--Masyarakat Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang siap bermitra dengan PT Mohairson Pawan Khatulistiwa (MPK) Ketapang dalam sosialisasi yang berlangsung di Desa Sungai Awan Kiri, Rabu (23/11) kemarin. Program kerja dengan pola kemitraan di areal IUPHHK tersebut mendapat kata sepakat antara PT MPK dan warga Sungai Awan Kiri setelah menandatangani 16 item persyaratan kesepakatan.

Ketua BPD Desa Sungai Awan Kiri, Abram mengatakan, diantara isi perjanjian tersebut Pertama. PT. MPK akan menerapkan pola kemitraan dengan masyarakat Desa Sungai Awan Kiri dengan bagi hasil 70 persen untuk PT MPK dan 30 persen untuk masyarakat desa berdasarkan jumlah KK yang terdaftar di Koperasi Desa Sungai Awan Kiri. Kedua, PT. MPK tetap pada perizinan berdasarkan keputusan Menteri Kehutanan Nomor: SK.216/Menhut-II/2008. Apabila dalam pelaksanaannya terjadi perubahan dari perizinan awal, maka PT. MPK siap dituntut oleh masyarakat Sungai Awan Kiri melalui jalur hukum.

Ketiga, PT. MPK untuk tenaga kerja teknis dan non teknis akan mengutamakan masyarakat Desa Sungai Awan Kiri. Apabila ada tenaga kerja yang berhenti atau diberhentikan, maka PT. MPK akan mendahulukan masyarakat Desa Sungai Awan Kiri untuk mengganti tenaga kerja yang berhenti atau yang diberhentikan. Keempat, PT. MPK tidak mengakui adanya Surat Keterangan Tanah (SKT), Surat Garap atau sejenisnya yang berada dalam kawasan hutan produksi yang masuk dalam areal perizinan PT. MPK di wiliyah Desa Sungai Awan Kiri berdasarkan peraturan dan perundang-undangan, dan tidak akan melakukan ganti rugi ataupun pemberian tali asih kepada pihak yang mempunyai SKT ataupun yang sejenisnya yang terkena pembangunan kanal yang berada dalam areal perizinan PT MPK. Kelima, PT MPK tidak akan memberikan bantuan hukum maupun materi kepada pihak-pihak yang disebabkan tidak diakuinya keberadaan SKT/Surat garap atau sejenisnya di areal perizinan PT. MPK di Desa Sungai Awan Kiri. Keenam, PT MPK dalam pembangunan kanal yang berada di wilayah Desa Suagai Awan Kiri akan memberikan tali asih sebesar 4.000.000 (empat juta rupiah) perhektar, dan akan mengganti tanam tumbuh yang sesuai dengan peraturan daerah Kabupaten Ketapang yang pembayarannya dilakukan melalui koperasi masyarakat kemitraan yang nantinya diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Desa Sungai Awan Kiri sesuai dengan jumlah KK dan dipergunakan untuk yang lainnya sesuai kesepakatan masyarakat.

Ketujuh, PT. MPK akan memfasilitasi pembentukan koperasi kemitraan antara PT. MPK dengan masyarakat, dan mengakui hanya satu koperasi kemitraan pada areal kemitraan di perizinan PT. MPK wilayah Desa Sungai Awan Kiri yang dikelola oleh masyarakat Desa Sungai Awan Kiri tanpa ada campur tangan/intervensi dari aparatur pemerintahan desa. Kedelapan, PT MPK akan menjaga keamanan dan ketertiban serta mengikuti adat istiadat atau norma yang berlaku di Desa Sungai Awan Kiri. Kesembilan, masyarakat Desa Sungai Awan Kiri dan PT MPK wajib mematuhi peraturan yang telah disepakati bersama-sama. Kesepuluh, masyarakat Sungai Awan Kiri wajib menjalin kerjasama yang baik dengan PT. MPK apabila dikemudian hari ada permasalahan, masyarakat dan PT. MPK wajib menyelesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat. Apabila tidak terjadi kesepakatan, maka akan dilanjutkan melalui jalur hukum.

Kesebelas, PT. MPK membentuk humas untuk wilayah Desa Sungai Awan Kiri, dan untuk personel humas berdasarkan usulan masyarakat perwakilan dusun yang dianggap mampu dan dapat menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa Sungai Awan Kiri untuk menindak lanjuti akan dibahas ditingkat  manajemen perusahaan. Kedua belas mendukung sepenuhnya masuknya PT MPK untuk bekerja  dan melakukan pembangunan di areal IUPHHK. Ketiga belas, apabila ada masyarakat atau pihak lain yang berusaha untuk menahan pembangunan di areal perusahaan, maka akan diserahkan kepihak berwajib untuk diproses sesuai dengan peraturan yang ada. Keempat belas, kesepakatan ini apabila PT. MPK terjadi perubahan manajeman atau kepemilikan saham tidak akan merubah kesepakatan yang telah disepakati. Kelima belas, gaji pekerja akan disesuaikan dengan peraturan pemerintah, berupa upah minimum Regional (UMR) dan keenam belas, dari hasil kesepakatan yang telah disepakati pada hari ini akan dibuat perjanjian didepan notaris.”Saya berharap dari pernjanjiannya tidak ada lagi masyarakat yang menghalangi perusahaan untuk melakukan aktifitas di lapangan.” Harapnya.

Sementara itu, Staf Direksi PT MPK Gito Raharjo mengapresiasi atas kerjasama yang telah disepakati antara PT MPK dengan warga Desa Sungai Awan Kiri. Dia meyakinkan masyarakat bahwa program kerja dengan pola kemitraan yang ditawarkan oleh PT MPK akan memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat Sungai Awan Kiri. “Perusahaan akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Sungai Awan Kiri.” Katanya (pms/ser)

 

 

TANDA TANGAN: Direksi PT MPK Gito Raharjo menandatangani surat perjanjian yang didampingi tim sosialisasi dan Fasilitasi Kho Susanti dan disaksikan oleh Ketua BPD Desa Sungai Awan Kiri Abram, Legal Staf PT. MPK Hotman Januari Sitohang beserta tokoh masyarakat

 

 

 

Berita Terkait