Warga Antusias Mencoblos di Kantor KPU

Warga Antusias Mencoblos di Kantor KPU

  Senin, 15 April 2019 13:27
ANTUSIAS: Warga sedang mengikuti simulasi pemungutan suara di KPU Mempawah.

Berita Terkait

Butuh 2-6 Menit Dibilik Suara

MEMPAWAH - Puluhan warga antusias mengikuti proses pemungutan suara yang dipusatkan di Halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah, Sabtu (13/4) pagi. Proses pencoblosan berjalan lancar dan tertib dengan pelayanan petugas KPU.

Pelaksanaan pemungutan suara dan perhitungan suara tersebut bukanlah penyelenggaraan Pemilu 2019 yang sesungguhnya. Melainkan simulasi yang digelar KPU Kabupaten Mempawah dalam rangka memberikan pemahaman dan pemantapan kepada masyarakat dan petugas TPS yang akan bertugas pada 17 April nanti.

Dalam simulasi pemungutan suara dan pehitungan suara tersebut diikuti puluhan warga yang bermukim di sekitar Kantor KPU Kabupaten Mempawah di Jalan Dr Rubini Mempawah, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir. Layaknya proses pemungutan suara yang sesungguhnya, masyarakat pemilih diarahkan untuk mengikuti tahapan-tahapan di TPS.

“Tujuan utama dari kegiatan simulasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pemilih dan petugas TPS. Sehingga pada pelaksanaan pemungutan suara tanggal 17 April nanti berjalan dengan baik dan lancar sesuai aturan yang berlaku,” kata Ketua KPU Kabupaten Mempawah, M Agoes Soesanto kepada wartawan.

Disamping itu, Agoes mengatakan, dalam simulasi tersebut pihaknya juga menginformasikan tentang kelengkapan apa saja yang harus disiapkan masyarakat pemilih untuk menggunakan hak politiknya di TPS. Misalnya membawa surat undangan pemilihan, E-KTP hingga surat keterangan (suket).

“Begitu pun dengan petugas di TPS, kita arahkan tentang proses pelayanan dan mengecek kelengkapan dari pemilih yang datang. Sehingga memberikan pemahaman baik kepada pemilih maupun petugas di TPS,” ujarnya.

Ditanya berapa lama waktu yang dibutuhkan pemilih untuk mencoblos, Agoes mengatakan pihaknya mendapatkan gambaran dalam proses simulasi tersebut. Waktu yang dibutuhkan pemilih dibalik bilik suara cukup bervariasi. Durasinya berkisar antara 2-6 menit.

“Untuk pemilih yang berangkat dari rumah dan sudah tahu siapa yang akan dicoblos maka mereka membutuhkan waktu di bilik suara sekitar 2,5-3 menit saja. Namun, kebanyakan mereka yang belum ada pilihan, memakan waktu 4-5 menit. Sedangkan untuk pemilih lanjut usia (lansia) bisa 6 menit atau lebih,” ungkapnya.

Masih berkaitan dengan proses pemungutan suara, Agoes menyebutkan sesuai Surat Edaran (SE) KPU Nomor 653, terdapat beberapa kategori masyarakat pemilih yang boleh mendapatkan pendampingan petugas saat berada dibalik TPS. Yakni, pemilih dengan kategori tuna netra, tuna dasa dan tuna rungu.

“Termasuk pula lansia yang memiliki halangan titik misalnya pemandangan kabur, harus dipapah dan lainnya. Jadi pemilih-pemilih dengan kategori ini yang bisa didampingi petugas di bilik suara nantinya. Sedangkan diluar dari itu tidak boleh,” tegasnya mengakhiri. (wah)

Berita Terkait