Wali Kota Tinjau Korban Puting Beliung; BPBD Bantu 250 Keping Seng

Wali Kota Tinjau Korban Puting Beliung; BPBD Bantu 250 Keping Seng

  Kamis, 29 November 2018 16:03

Berita Terkait

PONTIANAK-Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Kamis sore meninjau lokasi rumah yang terkena angin puting beliung, di Gang Rawasari, Kecamatan Pontianak Kota. Selain memberi bantuan logistik, pihaknya melalui BPBD juga menyerahkan bantuan 250 keping seng untuk mengganti kerusakan bahan material akibat kejadian puting beliung, Rabu sore.

"Total ada 250 seng kita bantu untuk rumah warga yang mengalami kerusakan di Gang Rawasari ini. Selain seng, usai kejadian bantuan logistik telah dikirim dulu bagi korban yang rumahnya rusak karena angin puting beliung," ungkap Edi usai tinjauannya.

Hasil data petugas BPBD, ada 19 rumah mengalami kerusakan dengan rerata bagian atap yang berterbangan. Satu rumah kata dia didapati terparah.

Dalam kesempatan itu, Edi juga menekankan pada pemilik billboard untuk melakukan pengecekan berkala utamanya kekuatan pondasi bilboard tersebut. Ini dilakukan sebagai evaluasi terkait kejadian robohnya bilboard di depan Rumah Adat Melayu.

Terkait rusaknya fasilitas umum yang dibangun oleh Pemerintah Kota Pontianak, perbaikannya ditanggung oleh pemilik papan billboard.

Ia juga minta semua pemilik billboard dapat melakukan pengecekan untuk melihat kondisinya saat ini. "Termasuk papan billboard di Jalan Gajah Mada," tegasnya.

Ipung, warga yang rumahnya terkena musibah angin puting beliung menuturkan, kejadian puting beliung begitu cepat. "Saat kejadian tiba-tiba angin begitu kencang berputar dari depan rumah. Saat angin menghantam, kontan atap seng rumah berterbangan. Bahkan larinya seng sampai ke belakang rumah tetangga," ungkapnya.

Akibat kejadian ini, tentu ia merugi. Namun secara detail materinya belum dihitung. Bantuan 40 keping seng dari BPBD ini sedikit banyak begitu membantu. Selain itu, bantuan logistik juga sudah diterimanya. Mudah-mudahan cuaca bersahabat karena jika hujan kembali turun ia khawatir karena sebagian atap masih dalam proses perbaikan.(iza)

Berita Terkait