Visi Misi Cagub Mesti Sesuai Perda RJPD

Visi Misi Cagub Mesti Sesuai Perda RJPD

  Kamis, 25 February 2016 09:05
Foto dari antarakalbar

Berita Terkait

PONTIANAK - Keberadaan peraturan daerah tentang Rencana Jangka Panjang Daerah (RJPD) Provinsi Kalbar tahun 2005-2015 sangat penting. Perda tersebut nantinya menjadi pedoman bagi calon gubernur Kalbar dalam menyusun visi dan misinya.

“Pada pilgub tahun 2018 kandidat gubernur harus mengambil dari RJPD sebagai pedomannya,” ujar Sekretaris Pemerintah Provinsi Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie seusai paripurna penyampaian pendapat akhir kepala daerah mengenai Raperda tentang RJPD Provinsi Kalbar tahun 2005-2025, Rabu (24/2) di DPRD Provinsi Kalbar.

Landasan formal penyusunan perencanaan pembangunan di Indonesia yang berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Perencanaan pembangunan tersebut diartikan sebagai proses untuk menentukan tindakan yang tepat pada masa depan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia.“Jika ada calon yang menyampaikan visi misi tak berpedoman pada perda, berarti dapat digugurkan,” kata Zeet.

Menurut Zeet, diharapkan perda itu nantinya cukup kuat dalam mengawal perubahan strategis selama 20 tahun kedepan. Kemampuan proyeksi perda harus benar-benar tajam. Tak boleh menolak jika ada lingkungan strategis yang berubah.“Jika ada yang berubah, mau tak mau (perda) direvisi. Perda harus adaptof dengan lingkungan demi kepentingan daerah,” tutur Zeet.

Ia mengatakan perda RJPD itu juga harus segera dijabarkan oleh satuan kerja perangkat daerah. Dengan terbitnya perda, SKPD harus menuntun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya.“Harus segera diseminasi. Penyampaian informasi kepada aparatur sipil negara maupun masyraakat harus dilakukan agar segera mengetahuinya,” kata Zeet. (uni)

Berita Terkait