Vinales Tercepat di FP2

Vinales Tercepat di FP2

  Sabtu, 18 May 2019 11:30
Maverick Vinales

Berita Terkait

Diwarnai Para Rider Berjatuhan

LE MANS - Seperti yang sudah diduga para rider sebelumnya, Circuit Bugatti di Le Mans, Prancis menyajikan tantangan buat mereka. Itu mulai terlihat pada free practice (FP) 1-2 kemarin. Terjadi perubahan cuaca yang cukup signifikan, dari semula panas berangsur mendung dan membuat lintasan lebih dingin di akhir FP2. 

Situasi itu sedikit mempengaruhi sejumlah rider di akhir sesi. Alhasil, ada lima pembalap yang terjatuh di sejumlah tikungan. 

Dimulai Danilo Petrucci (Ducati) terjatuh pada sesi awal di T8. Lalu Jack Miller (Alma Pramac) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) pada T6, Selain itu juga ada Espargaro bersaudara. Pol (Red Bull) dan Aleix juga terlibat crash tunggal. Pada akhir sesi Joan Mir (Suzuki) juga mengalami kecelakaan.

Di sisi lain, Maverick Vinales rider Monster Yamaha menggeber YZR-M1 dengan konstan pada FP2. Dia mencetak waktu tercepat, 1 menit, 31,428 detik pada lap ke-20 atau dua lap terakhir di FP2. Marc Marquez (Honda) berada di urutan tercepat kedua dengan gap 0,190 detik. 

Lalu, Fabio Quartarao (Yamaha SRT), rookie andalan tuan rumah tergeser ke posisi ketiga tercepat dengan jarak 0,285 detik dari Vinales. Sebelumnya rider 20 tahun itu tercepat pada FP 1 dengan catatan waktu, 1 menit, 31,986 detik.

Jorge Lorenzo ingin membuktikan diri bersama Repsol Honda. Dia kemarin tercepat keempat saat FP2. Dia berupaya kembali masuk dalam persaingan top rider. Selain itu, Le Mans menjadi salah satu sirkuit yang berkesan buat dia.

Tercatat sudah lima kali dia memenangkan balapan di sirkuit sepanjang 4,185 kilometer tersebut. Proses adaptasi yang dia jalani bersama RC231V mulai terurai. "Saya perlu waktu lebih banyak untuk beradaptasi," ujarnya sebagaimana dikutip Crash.

Lorenzo punya kesempatan untuk melakukan banyak perubahan saat menjalani tes di Jerez sebelumnya. Momen tersebut juga memberikan input buat dia menjelang balapan di Le Mans besok.

"Dan tujuan saya pergi ke sini (Le Mans) dengan kondisi kering, dan membuat langkah kecil," ujarnya. Sejauh ini mulai terlihat di FP 2 tadi malam. (nap)

Berita Terkait