Van Gaal Ucapkan Selamat Tinggal

Van Gaal Ucapkan Selamat Tinggal

  Rabu, 25 May 2016 09:40
Louis van Gaal

Berita Terkait

Manchester-Louis van Gaal sudah menggelontorkan dana hingga GBP 289,7 juta (sekitar Rp 5,80 triliun) untuk membeli 15 pemain dalam dua tahun masa kepelatihannya di Manchester United. Namun, hanya satu trofi Piala FA yang berhasil dipersembahkan oleh pelatih berjuluk Tulip Besi tersebut.

Statistik kemenangannya pun hanya 52,43 persen. Hasil dari 54 kali menang, 25 seri, dan 24 kekalahan. Tidak cukup baik bagi klub dengan reputasi sebagai kolektor terbanyak Premier League seperti United.

Itulah yang membuat Vice Chairman Ed Woodward mengatakan bahwa jasanya sudah tidak diperlukan lagi, ketika Van Gaal berada di markas latihan tim di Carrington, Senin pagi waktu setempat atau malam WIB (23/5).

Van Gaal yang awalnya sempat bersikeras dia sudah memberikan trofi bagi United mulai menerima keadaan tersebut.Karena itu, dinihari kemarin, pasca konfirmasi pemecatannya oleh United, Van Gaal melayangkan sebuah pengumuman perpisahan kepada seluruh elemen rival sekota Manchester City tersebut.

Pelatih dengan nama panjang Aloysius Paulus Maria van Gaal itu membuka perpisahannya dengan kebanggaan karena berhasil mempersembahkan Piala FA. Yang membuatnya tercatat sebagai manajer pertama setelah era Sir Alex Ferguson yang mampu membawa United juara.

”Namun, aku kecewa karena gagal memenuhi isi kontrakku,” katanya dalam situs resmi United. ”Aku percaya, fondasi tim yang sudah kuletakkan ini akan membawa United menjadi lebih kuat, serta meraih lebih banyak gelar,” lanjut manajer 64 tahun yang sudah mengoleksi 20 trofi selama 30 tahun karir kepelatihannya tersebut.

Van Gaal pun dalam lanjutan tulisannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim United, baik para pemainnya, staf kepelatihan, hingga fans.”Akhirnya, aku juga berterima kasih kepada Sir Alex Ferguson dan Sir Bobby Charlton, yang sudah membuatku dan keluargaku merasa diterima di Manchester selama masaku menjadi manajer,” ujarnya.

Lantas, kemana Van Gaal pergi? BBC melaporkan, atas permintaan terakhir Van Gaal, United menyetujui pemberian fasilitas jet pribadi dengan dana GBP 10 ribu (Rp 199,60 juta), yang dipergunakan dia dan istrinya, Truus Van Gaal, berlibur ke Algarve, Portugal.Keputusan United dalam mengumumkan pemecatan Van Gaal pun juga tak lepas dari permintaan Van Gaal yang harus menunggu dia dan istrinya menyingkir dari Old Trafford terlebih dahulu.

Lebih lanjut, pengumuman ini pun membuat sejumlah penggawa Setan Merah, julukan United, bersedih. Seperti bek tengah Daley Blind.”Seharusnya, seseorang yang sudah memberikan sesuatu layak mendapat rasa hormat,” kata Blind seperti dikutip BBC. ”Kami mengakhiri musim dengan cukup baik. Sangat tidak menyenangkan jika Anda mengetahui kabar pemecatan Anda dari koran,” imbuh pemain 26 tahun itu. (apu)

Berita Terkait