VALENCIA V BARCELONA Kekuatan Penuh di Mestalla

VALENCIA V BARCELONA Kekuatan Penuh di Mestalla

  Sabtu, 5 December 2015 09:22
Lionel Messi. Gambar dari Jawapos

Berita Terkait

CATALAN - Bermodal Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar yang sedang on fire, Barcelona akan menyambangi Stadion Mestalla, markas Valencia, dinihari nanti untuk melanjutkan catatan kemenangan sekaligus mengokohkan posisi mereka di puncak klasemen La Liga. Ini menjadi ujian besar bagi Los Che yang sedang menjalani masa transisi kepelatihan menyusul mundurnya pelatih Nuno Espirito Santo.

Neymar semakin tajam. Dia sudah mengoleksi 14 gol hingga jornada 14 dan memimpin daftar top skorer sementara La Liga. Suarez ada di bawah Neymar dengan hanya terpaut satu gol saja. Sedangkan Messi, yang sempat absen dua bulan akibat cedera, langsung mencetak tiga gol dalam tiga laga terakhir.

Ketiganya akan diturunkan serentak oleh pelatih Luis Enrique demi melanjutkan enam kemenangan beruntun di ajang La Liga. Total, dalam enam laga tersebut, barisan depan Barca melesakkan 21 gol dan hanya kebobolan tiga gol saja. Performa meyakinkan ini membuat Barca bertahan di puncak klasemen dengan keunggulan empat poin dari peringkat dua Atletico Madrid.

”Kami senang dengan angka statistik yang ada, tapi selalu ada hal yang bisa kami tingkatkan. Kami adalah tim yang realistis, dan kami sadar dalam sepak bola, tak ada yang tahu apa yang akan terjadi,” kata Luis Suarez seperti dilansir AP saat mengomentari timnya menjelang laga kontra Valencia.

Performa tim dan ketajaman trisula MSN ini akan menjadi ujian besar bagi pelatih interim Valencia, Salvador Gonzalez. Gonzalez ditunjuk untuk sementara waktu sebagai pengganti Nuno Espirito Santo. Posisinya nanti akan diambil alih oleh mantan pemain Manchester United, Gary Neville, yang baru akan resmi melatih tim pada hari Minggu nanti.

Tugas Gonzalez jelas sangat berat. Apalagi, Valencia tak pernah mengalahkan Barcelona di Stadion Mestalla sejak musim 2007/2008. Akan tetapi, Los Che selalu berhasil menyulitkan Azulgrana. Mereka lima kali menahan imbang Barcelona dalam delapan pertemuan terakhir di Mestalla. Sementara tiga kemenangan yang diraih Barca, semuanya berkesudahan dengan hanya selisih satu gol saja.

Valencia menduduki peringkat sembilan di klasemen sementara dengan torehan 19 poin dari 13 pertandingan. Meski sedang mengalami krisis pasca mundurnya pelatih Nuno Espirito Santo, Los Che tetap berpeluang membuat kejutan di kandang sendiri. Setidaknya, pelatih Gonzalez bisa mengandalkan barisan pertahanan yang cukup kuat, warisan dari pelatih sebelumnya.

Hingga jornada 13 gawang Valencia baru kebobolan 10 gol saja. Paco Alcacer dan kawan-kawan menjadi tim dengan pertahanan terbaik kedua setelah Atletico Madrid yang baru kebobolan enam gol. ”Kami tahu sulitnya menghadapi Barca. Tapi di Mestalla kami bisa bermain kompetitif. Kami harus memainkan gaya tertentu untuk meladeni Barca,” bek Valencia Jose Gaya menegaskan. (ish)

 

 

 

Logo: LA LIGA

 

Siaran Langsung RCTI, Minggu (06/12) Pukul 02.30 WIB

Stadion: Stadion Mestalla

Wasit: Jaime Latre

 

 

 

PERKIRAAN PEMAIN

 

Valencia (4-3-3): 24 Jaume; 19 Barragan, 4 Santos, 23 Abdennour, 14 Gaya; 21 Andre Gomes, 15 Enzo Perez, 10 Parejo; 8 Fegoulli, 9 Alcacer, 16 Bakkali

 

Pelatih: Salvador Gonzalez

 

 

 

Barcelona (4-3-3): 13 Bravo; 6 Alvez, 3 Pique, 14 Mascherano, 18 Alba; 4 Rakitic, 5 Busquets, 8 Iniesta; 10 Messi, 9 Suarez, 11 Neymar

 

Pelatih: Luis Enrique

 

 

 

Tiga laga terakhir Valencia

 

25/11/15          Liga Champions            Zenit                 2 – 0    Valencia

 

30/11/15          La Liga                                     Sevilla              1 – 0    Valencia

 

03/12/15          Copa del Rey               Barakaldo        1 – 3    Valencia

 

 

 

Tiga laga terakhir Barcelona

 

25/11/15          Liga Champions                            Barcelona     6 – 1    Roma

 

28/11/15          La Liga                                     Barcelona         4 – 0    Real Sociedad

 

03/12/15          Copa del Rey               Barcelona         6 – 1    Villanovense

 

 

 

Lima pertemuan terakhir

 

18/04/15          La Liga             Barcelona         2 – 0    Valencia

 

01/12/14          La Liga             Valencia                   0 – 1        Barcelona

 

01/02/14          La Liga             Barcelona         2 – 3    Valencia

 

02/09/13          La Liga             Valencia                   2 – 3        Barcelona

 

04/02/13          La Liga             Valencia                   1 – 1        Barcelona

Berita Terkait