UT Kalbar Gelar Porseni

UT Kalbar Gelar Porseni

  Senin, 23 November 2015 15:48
PORSENI: Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus foto bersama dengan kontingen Porseni Universitas Terbuka Kalbar usai upacara pembukaan Porseni. Ashri Isnaini/pontianak post

Berita Terkait

KUBU RAYA – Universitas Terbuka (UT) Kalimantan Barat kembali menggelar Pekan Olahrag dan Seni antar Mahasiswa UT se Kalimantan Barat. Kegiatan yang dilakukan mulai tanggal 21 hingga 23 November ini dipusatkan di Kabupaten Kubu Raya.“Kami sangat senang tahun ini Kubu Raya mendapat kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porseni UT se Kalimantan Barat. Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang mencari bibit generasi berprestasi dibidang olahraga dan seni, namun juga bisa menjadi ajang  untuk saling meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan antar mahasiswa UT se Kalimantan Barat,” papar Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, usai menghadiri pembukaan Porsensi UT se Kalimantan Barat di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Sabtu (21/11).

Dari 14 kabupaten/kota, tahun ini terdapat tujuh  kabupaten kota yang turut andil mengikuti kegiatan tersebut, tujuh  kabupaten tersebut yakni Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Sekadau, Mempawah, Sambas, Sintang dan Ketapang. “Semoga saja kedepan semua kabupaten/kota  bisa secara optimal untuk turut serta dalam kegiatan ini.Hermanus menilai, Porseni bisa menjadi salah satu ajang bagi guru dan mahasiswa untuk terus termotivasi dalam meningkatkan kualitas diri dibidang olahraga dan seni. Para pemenang dalam Porseni Mahasiswa UT kali ini akan menjadi duta olahraga seni Kalbar ke tingkat nasional. “Karena akan mewakili Kalbar untuk bertanding ke tingkat nasional, secara tak langsung ini akan memicu semangat para peserta untuk berlomba secara sportif untuk meraih prestasi terbaik sehingga bisa mengharumkan nama daerah ke tingkat nasional bahkan internasional,”ungkapnya.

Dia juga berpesan agar setiap peserta bisa mengikuti kegiatan dengan bersemangatan dan selalu menjujung sikap sprotif. Ada dua even yang digelar dalam Porseni Mahasiswa UT se Kalimantan Barat tahun 2015. Untuk olahraga, cabang yang dipertandingkan  seperti voli, futsal, bulutangkis, tenis meja, dan catur. Sedangkan bidang seni cabang yang diperlombakan seperti menyanyi solo, menari berpasangan dan cerdas cermat.

Sementara itu Kepala UPBJJ (Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh) Kalbar Dr. Tati Rajati, MM mengatakan kegiatan Porseni tersebut merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk memfasilitasi pengembangan bakat dan minat mahasiswa, pengenalan mahasiswa yang lebih komprehensif akan UT, serta sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar sesama mahasiswa dari berbagai daerah di Kalimantan Barat dan sekaligus sebagai sarana sosialisasi atau promosi UT.

Dia menjelaskan, untuk peserta dalam kegiatan itu adalah mahasiswa yang terdaftar aktif sebagai mahasiswa UT. Tati menambahkan Porseni bertujuan untuk menggalang solidaritas kebersamaan dan kerja sama antar sesama mahasiswa keluarga besar UT.”Sebagaimana yang kita ketahui, Perguruan Tinggi adalah merupakan wahana yang tepat untuk mengasah dan mengembangkan nalar serta rasa keingintahuan yang dapat dilakukan dengan merumuskan masalah secara sistematis. Terkait hal itu, mahasiswa UT dimanapun berada dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan bidang keilmuan mahasiswa UT,”pungkasnya.“Para pemenang yang menjuarai masing-masing kategori ini, rencananya akan diutus mewakili Kalimantan Barat dalam ajang serupa tingkat nasional tahun 2016 mendatang,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait