UNBK SMK Lancar

UNBK SMK Lancar

  Selasa, 26 March 2019 10:02
SERIUS: Peserta SMKN 1 Ngabang serius mengerjakan soal di hari pertama pelaksanaan UNBK, Senin (25/3). MIFTAHULKHAIR/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

 

NGANBAG – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK hari pertama di Ngabang, Senin (25/3) berjalan lancar. Tak ditemukan adanya pemadaman listrik atau pun gangguan jaringan di sejumlah sekolah.

Pantauan Pontianak Post di sejumlah SMK di Ngabang, para siswa dengan tenang dan serius mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia yang diujikan di hari pertama ini. Sesuai jadwal yang diterima dari pihak sekolah bahwa untuk hari ini hanya diujikan untuk 1 mata pelajaran saja yakni Bahasa Indonesia. 

Sebanyak 532 Orang pelajar SMK pada 2 lemaga sekolah yang berada di Kecamatan Ngabang hari ini secara serentak tingkat Nasional melasanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Terdiri dari SMKN 1 Terpadu yang menyertakan 358 peserta ujian dengan mendapatkan 5 orang tenaga pendamping yang bertugas sebagai proktor (pengendali server) dan tenaga tekhnisi.

Banyaknya peserta ujian dengan jumlah fasilitas yang terbatas mengharuskan pelaksanaan ujian di SMKN 1 Terpadu dibagi menjadi 3 sesi dengan rincian rata-rata diikuti 130 peserta persesi. “UNBK hari ini Bahasa Indonesia, Selasa Matematika, Rabu Bahasa Inggris dan Kamis Bidang Kejuruan. Untuk kejuruan ada 7 bidang kejuruan yang akan di ujiankan di hari kamis nanti," terang Dominikus, Kepala SMKN1 Ngabang.

Disinggung hambatan dalam pelaksanaan UNBK, ia menjelaskan pada pelaksanaan tahun lalu, problem utama pelaksanaan diantara listrik dan sinyal. “Tapi semua telah kita siapkan, untuk listrik sudah kita konfirmasi dengan PLN dan sinyal sendiri kita sudah gunakan indihome dengan kapasitas lebih besar. Jadi saya rasa tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan UNBK di tahun ini," terang Dominikus.

Hal yang sama juga dialami di SMK Maniamas, akibat keterbatasan fasilitas dengan jumlah perserta mencapai 174 orang mengharuskan pelaksanaan UNBK dibagi menjadi 2 sesi. Hingga pelaksanaan ujian sesi kedua belum ada laporan kendala yang ditemukan. Baik kendala gangguan listrik, jaringan atau pun keluhan terkait soal-soal yang bermasalah.

"Sejauh ini proses UNBK masih berjalan lancar dan normal. Sampai sekarang belum ada laporan soal kendala dari siswa. Kami bersyukur, pelasanaan ujian dapat berjalan dengan baik, tidak ada gangguan apapun, listrik juga tidak ada gangguan" ungkap Kepala sekolah SMK Maniamas Sujayati. (mif) 

Berita Terkait