Ujian Sesungguhnya Kerber Dimulai

Ujian Sesungguhnya Kerber Dimulai

  Selasa, 27 September 2016 09:30
Angelique Kerber

Berita Terkait

WUHAN--Ajang WTA Premier 5, Wuhan Open yang diselenggarakan pekan ini (25 September-1 Oktober) menjadi kejuaraan super penting bagi pemuncak ranking tunggal putri dunia terbaru, Angelique Kerber. Di tanah Tiongkok inilah petenis 28 tahun tersebut datang dengan mahkota peringkat satu dunia untuk kali pertama.

Perjalanannya bakal makin terjal karena sembilan dari sepuluh peringkat dunia teratas sudah dipastikan tampil di turnamen lapangan hard ini. Yang melegakan, satu-satunya petenis top ten putri yang absen itu adalah rival terkuat Kerber saat ini yakni ranking dua dunia Serena Williams. Serena absen dengan alasan harus memulihkan cedera bahu yang dia miliki.

“Motivasiku masih begitu tinggi. Aku tahu masih banyak hal dari permainanku yang harus ditingkatkan,” ucap Kerber kepada Asssociated Press kemarin.

Seharusnya, absennya Serena ini menjadi kesempatan emas bagi Kerber untuk mengunci mahkota ranking satu dunia sampai akhir tahun. Jika menjadi kampiun di Wuhan, Kerber bakal mendapat tambahan 900 poin. Itu artinya, dia bisa makin memperlebar jarak 1680 poin yang dia miliki saat ini dengan Serena. Kerber sendiri kini berada di ranking satu dengan 8730 poin. Sementara Serena membuntuti dengan 7050 poin di posisi kedua.

Kesempatan makin terbuka lebar karena Serena juga telah memastikan diri bakal absen di Tiongkok Open. Ajang yang punya level setingkat lebih tinggi dari Wuhan (Premier Mandatory) itu bakal memperebutkan poin lebih banyak yakni seribu poin.

“Angie tidak mau berhenti untuk menjadi lebih baik,” ucap Torben Beltz, pelatih Kerber. “Dia terus memukul lebih keras, berlari lebih cepat. Dia ingin melakukan semua hal dengan lebih baik saat ini,” tambahnya.

Di pertandingan pembuka besok, Kerber bakal ditantang  petenis Prancis Kristina Mladenovic. Petenis ranking 31 dunia itu kemarin memastikan diri melaju ke babak kedua setelah menghempaskan petenis muda AS Coco Vandeweghe 7-6(5), 6-3. 

Perjalanan Kerber dipastikan tidak akan mudah. Pasalnya jika mampu melewati Mladenovic, kemungkinan besar petenis Jerman itu langsung menghadapi lawan berat yakni unggulan ke-14 Petra Kvitova di babak ketiga. 

Kvitova yang merupakan juara Wimbledon 2011 dan 2014 kemarin melaju ke babak kedua dengan menghempaskan Jelena Ostapenko dua set langsung 6-3, 6-1. Hari ini, Kvitova juga masih harus melewati petenis Ukraina Elina Svitolina terlebih dahulu.

Absennya Serena membuat petenis Spanyol Garbine Muguruza menempati unggulan kedua. Dia laga pertama dia bakal ditantang petenis GAEK Serbia Jelena Jankovic. Di babak pertama kemarin Jankovic menghempaskan petenis Australia Daria Gavrilova 6-2, 6-2. (irr)

Berita Terkait