Uji Coba Car Free Day

Uji Coba Car Free Day

  Senin, 11 February 2019 09:45
Warga saat menikmati lengangnya jalanan Ngabang saat uji coba car free day (CFD), Minggu (10/2) lalu. MIFTAHULKHAIR/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

NGABANG – Satlantas Polres Landak menggagas kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Kota Ngabang Kabupaten Landak. CFD yang digelar perdana itu mengambil tempat dari jalan simpang menuju Mungguk sampai di depan eks Kantor Bupati lama. 

Jalanan Ngabang, Minggu (10/2) pagi terasa lengang. Meskipun baru tahap uji coba, kegiatan CFD itu mendapat respon dari masyarakat dengan mendatangi arena CFD itu walaupun hanya sekedar berolahraga sambil membawa keluarga.

Kasat Lantas AKP Gandi mengatakan, dalam uji coba CFD itu, memang ada tiga lokasi yang direncanakan sebagai tempat kegiatan CFD itu. "Lokasi pertama yang kita laksanakan hari ini mengambil tempat di jalan Pangeran Cinata dari jalan simpang Mungguk sampai depan eks Kantor Bupati Landak lama. Lokasi kedua, jalan Afandi A Rani dari simpang Munggu sampai depan Dinas Kesehatan Landak. Lokasi ketiga dijalan Pemuda dari simpang Maniamas sampai depan pos lantas Ngabang," jelas Gandi, Minggu (10/2).

Ia berharap, kegiatan CFD di tiga lokasi itu mendapat feed back dari masyarakat untuk menentukan lokasi mana dari ketiga lokasi itu guna ditetapkan sebagai lokasi CFD. "Kita nanti minta usulan ke Ibu Bupati Landak untuk dibuatkan surat keputusan penetapan lokasi CFD," katanya.

Gandi menambahkan, uji coba kegiatan CFD itupun untuk melihat antusiasme masyarakat terhadap kegiatan CFD ini. "Harapannya, masyarakatlah yang melakukan kegiatan dilokasi CFD ini. Kita bisa lihat banyak masyarakat yang beraktivitas dilokasi CFD ini. Ada yang berolahraga, main sepatu roda, bersepeda. Bahkan ada komunitas yang memperkenalkan komunitasnya diajang CFD ini," terangnya.

Dikatakannya, CFD itu merupakan konsep peduli lingkungan bagi masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. "Selain itu juga sebagai tempat destinasi wisata bagi keluarga, sehingga masyarakat tidak bingung lagi untuk mencari tempat wisata keluarga di hari Minggu," katanya.

Gandi mengakui, Pemkab Landak juga sangat mendukung kegiatan CFD tersebut. "Pada saat kami melakukan kegiatan forum lalulintas dan angkutan jalan, salah satu agenda yang disampaikan Polres Landak adalah kegiatan CFD ini. Dengan demikian, apa yang menjadi hasil dari uji coba ini akan menjadi laporan kita kepada Ibu Bupati untuk dibuatkan SK yang nantinya akan ada sinergitas antara Pemkab Landak maupun instansi lain, baik negeri maupun swasta untuk kita sama-sama mengisi kegiatan di CFD ini," harapnya.(mif)

Berita Terkait