Tunda Peresmian RSUD Kubu Raya

Tunda Peresmian RSUD Kubu Raya

  Selasa, 16 April 2019 11:27

Berita Terkait

SUNGAI RAYA— Plt Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan menegaskan hingga saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya belum siap untuk difungsikan. “Secara umum untuk bangunan fisik memang mungkin sudah, namun di sisi lain hingga saat ini, kami masih mempersiapkan sejumlah keperluan untuk operasional rumah sakit termasuk masih harus menunggu izin operasionalnya dari pusat," kata kepada wartawan, Senin (15/4) di Aula kntor Bupati Kubu Raya. 

Sembari membenahi sejumlah kebutuhan RSUD, pembenahan administrasi, perizinan, inventarisi alat kesehatan, Marijan pun mengaku saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisir atau mendata ulang jumlah tenaga kesehatan yang diperlukan di RSUD tersebut. "Inventarisir ulang terhadap tenaga kesehatan ini diperlukan sehingga nantinya tidak mengganggu pelayanan  kesehatan di tingkat bawah seperti di Puskesmas, Puskesdes, Pustu dan sejenisnya yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat," paparnya. 

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menambahkan peresmian RSUD Kubu Raya akan dilakukan setelah pelayanan kesehatan ditingkat bawah seperti Puskesmas, Puskesdes, Pustu telah dikuatkan pondasinya.  “Karena sudah ada program layanan kesehatan gratis bagi pelayanan kesehatan di tingkat bawah, makanya kami ingin semua layanan kesehatan di tingkat bawah ini berjalan maksimal dulu. Setelah itu baru akan dibenahi mengenai ketersediaan tenaga kesehatannya. Barulah akan  kami tentukan secara bertahap untuk mulai mengoperasionalkan RSUD tersebut,” paparnya. 

Muda kembali menegaskan, bisa saja operasional RSUD tersebut dilakukan secara bertahap, hal ini menjadi perhatian, lantaran kata dia jika semua tenaga kesehatan di alokasikan untuk mengisi pelayanan RSUD otomatis pelayanan kesehatan di tingkat bawah akan menjadi terbengkalai.  “Kalau tenaga kesehatannya saja kurang, nantinya kalang kabut memberikan pelayanan, makanya kami tahan dulu sembari memantapkan dan membenahi sejumlah kebutuhan RSUD,” ungkapnya. 

Kendati tidak memberikan jawabanrinci, namun Muda mengatakan, jika memungkinkan maka sebagian pelayanan rumnah sakit diusahakan bisa mulai beroperasi pada tahun 2019. “Nanti kan kami kaji terlebih dahulu, mengenai kesiapan pelaksanaan operasional dansejumlah keperluan lainnya,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait