Trial di Spanyol, Nasibnya Bersama Timnas Belum Jelas

Trial di Spanyol, Nasibnya Bersama Timnas Belum Jelas

  Rabu, 6 February 2019 11:21
TRIAL: Osvaldo Haay (kanan), berselebrasi usai menjebol gawang Bhayangkara FC pada pekan ke-32 Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 26 November lalu. Pemain Persebaya Surabaya ini sedang mengikuiti trial dengan CD Numancia. ANGGER BONDAN/JAWA POS

Berita Terkait

JAKARTA—Keputusan berani telah dilakukan Osvaldo Haay. Pemain Persebaya Surabaya itu absen dalam pemusatan latihan Timnas U-22 dan memilih mengikuiti trial dengan CD Numancia, salah satu tim kasta kedua Liga Spanyol. 

Kemarin Osvaldo sudah tiba di Spanyol dan langsung berlatih dengan CD Numancia B. Rencananya dalam sepuluh hari kedepan pemain berusia 21 tahun itu akan menimba ilmu bersama pelatih Alex Huerta. 

Nah, pertanyaanya apabila Alex Huerta kepincut dengan kemampuan Osvaldo, apakah pemain asal Jayapura itu akan meninggalkan Persebaya? Perlu diketahui Osvaldo baru saja memperpanjang kontraknya dengan Persebaya selama satu musim. Bahkan dia di bandrol dengan harga yang cukup fantastis yakni Rp2,1 miliar. 

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman sendiri tak mau berkomentar banyak. Memang dia mendukung keputusan Osvaldo untuk mencicipi trial di negeri orang. Namun pria yang kerap disapa Djanur tersebut memilih mengembalikan kepada manajemen. 

”Mungkin karena sudah diizinkan dengan konsekuensinya kalo dia terpilih disana mungkin kami leas. Tapi mungkin ada perjanjian sendiri nanti seperi apa,” ucap mantan pelatih PSMS Medan tersebut. 

Secara pribadi Djanur mendukung jika itu memang untuk kemajuan karir Osvaldo. Namun tentu tidak mudah pula bagi Osvaldo untuk menembus skuad CD Numancia. Menurut Djanur Osvaldo harus berkerja ekstra, sebab disana pastinya banyak pula pemain usia muda yang mempunyai talenta dan semangat juang yang tinggi. 

”Tidak mudah di sana. Dia harus berjuang keras. Harus lakukan yang terbaik. Jangan menyerah pada keadaan, terutama dengan cuaca yang cukup merepotkan,” jelas Djanur. 

Sementara itu pelatih Timans U-22 Indra Sjafri sedikit menyayangkan keputusan Osvaldo untuk menjalani trial di Spayol. Apalagi pada 18 Februari mendatang Garuda Nusantara sudah harus berlaga di ajang Piala AFF U-22 di Kamboja. Bahkan hari ini Timnas tengah melakoni uji tanding kontra Bhayangkara FC sebagai persiapan sebelum berangkat ke Kamboja. 

”Saya sudah memberikan arahan pada Osvaldo untuk tidak berangkat. Akan tetapi dia tetap berangkat. Akan saya kasih waktu mungkin satu pekan. Tergantung dia baliknya kapan. Tanya sama dia atau agennya dia gimana disana” tutur Indra Sjafri. 

Pelatih asal Sumatra Barat itu pun masih belum memikirkan masa depan Osvaldo di Timnas apabila tak kunjung pulang. Apabila nantinya Osvaldo tak kembali bersama Nurhidayat Haris dkk, Indra mengaku tak pusing untuk mencari pengganti. Memang masih ada nama seperti Witan Sulaiman dan Rifal Astori. ”Untuk pengganti kan banyak. Justru saya kesulitan untuk mencoret pemain,” pungkas Indra. (nia/gil)

Berita Terkait