TP-PKK Rakor se-Indonesia di Jakarta

TP-PKK Rakor se-Indonesia di Jakarta

  Minggu, 15 April 2018 09:13
RAKOR PKK: Ketua TP PKK Kabupaten Kayong Utara Ny Diah Permata Hildi (empat dari kanan) saat berfoto bersama usai kegiatan Rapat Koordinasi TP-PKK se-Indonesia tahun 2018 di Jakarta, kemarin. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kayong Utara turut hadir pada Rapat Koordinasi Tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Indonesia tahun 2018. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Selasa (10/4) di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto Jakarta.

Rakor dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan didampingi Ibu Wakil Presiden Mufidah Kalla, dan Ketua Umum TP PKK Ny Erni Thahjo Kumolo. Rakor ini dihadiri ketua TP PKK dari seluruh kabupaten/kota serta provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu tidak ketinggalan hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Kayong Utara, Ny Diah Permata Hildi.

Adapun untuk tema yang diusung pada Rakor tahun 2018 ini yakni Sinergisitas program PKK mewujudkan keutuhan dan kerukunan keluarga sebagai pelekat bangsa. Rakor ini bertujuan menyamakan persepsi yang berkaitan kebijakan pemerintah melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) secara nasional. Pertemuan ini juga menyosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Dalam sambutannya Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang merupakan penasehat tim penggerak PKK, menegaskan kembali bahwa PKK tidak boleh berpolitik. Dengan demikian, dikatakan dia bahwa mereka murni sebagai kegiatan PKK saja, yang sesuai dengan kelompok kerja dan tidak boleh ada kampanye apa pun di dalamnya.

Untuk itu, jika ada anggota PKK ada yang melanggar, ia akan meminta kepada Ketua Umum TP PKK Ny Erni Guntarti Thahjo Kumolo untuk menjelaskan sanksi sesuai aturannya. “Meskipun suami anggota PKK terjun ke dunia politik, bukan berarti para istri menjadikan PKK sebagai ajang untuk berpolitik,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber, yakni Dr Nata Irawan, direktur Jendral Bina Pemerintah Desa; dan Budi Antoro, direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa. Selain itu, Ketua Umum TP-PKK  juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Ny Diah Permata Hildi, ketua TP-PKK Kabupaten Kayong Utara menyambut baik diadakannya rakor tingkat pusat ini. Karena, menurut dia, melalui rakor tingkat kabupaten akan lebih cepat mendapatkan informasi mengenai perkembangan  yang berhubungan dengan program PKK. Sehingga, harapan dia, akan dapat disinergikan bersama OPD terkait di tingkat kabupaten. “Kalau Rakor ini dapat diadakan 2 tahun sekali dikarenakan pada tahun-tahun sebelumnya PKK kabupaten hanya diikutkan pada Rakornas yang diadakan 5 tahun sekali,” tutupnya. (dan/humas)

Berita Terkait