Tongkat pun Bisa Melumpuhkan

Tongkat pun Bisa Melumpuhkan

  Jumat, 30 September 2016 10:10
LATIHAN: Personil Sabhara Polres Mempawah sedang melaksanakan latihan tongkat. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Meningkatkan kemampuan jajarannya, Satuan Sabhara Polres Mempawah secara rutin melakukan latihan tongkat. Pelatihan tersebut merupakan bagian dari kesiapan jajaran kepolisian dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, selaku penegak hukum dan pelindung masyarakat.

Latihan yang digelar di Halaman Mapolres Mempawah itu dipimpin oleh IPDA Heriyani dan disaksikan langsung oleh Kasat Sabhara Polres Mempawah, AKP Arifin Harahap. Para personil Sabhara Polres Mempawah penuh keseriusan dan kosentrasi mengikuti kegiatan pelatihan dengan tekun dan disiplin.

“Latihan ini biasanya kami laksanakan pada waktu luang. Misalnya setelah strong point atau apel pagi. Kita manfaatkan waktu yang ada untuk mengasah kemampuan bela diri anggota. Untuk pagi hari ini, kami melaksanakan latihan drill tongkat Polri sebagai alat penangkis,” terang Kasat, Arifin, Kamis (29/9) pagi.

Secara teknis, Arifin menjelaskan, tongkat polisi tidak hanya digunakan sebagai alat penangkis saja, melainkan juga bisa untuk menyerang dan melumpuhkan lawan. Makanya, dia menilai perlunya pelatihan secara rutin agar seluruh personil semakin mahir menggunakan peralatan dan perlengkapan bertugas.

“Seluruh personil harus selalu siap sedia menghadapi segala macam situasi dilapangan. Karenanya, kemahiran menggunakan peralatan seperti tongkat ini sangat penting. Dengan terus mengasah kemampuannya melalui pelatihan, personil pun lebih terampil dalam bertugas,” pendapatnya.

Lebih dari itu, masih menurut Kasat, personil kepolisian senantiasa dituntut meningkatkan kemampuan bela diri. Mengingat, ancaman kejahatan di masyarakat semakin meningkat dan beragam. Sehingga, polisi pun harus selalu siap memberikan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat yang menjadi korban atau objek kejahatan.

“Selain dari itu semua, latihan tongkat secara rutin juga dimaksudkan untuk menjaga kebugaran fisik personil. Dengan kondisi fisik yang baik dan prima, maka personil mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait