Tol dan Jalan Lingkar Singkawang Dibahas

Tol dan Jalan Lingkar Singkawang Dibahas

  Rabu, 12 June 2019 10:56
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bertemu dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XX, Kementerian PUPR, Ir Djunaidi MT di Pontianak, Selasa (11/6). Foto IST

Berita Terkait

Panjang 144 Km

SINGKAWANG--Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bertemu dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XX, Kementerian PUPR, Ir Djunaidi MT di Pontianak, Selasa (11/6). Tjhai Chui Mie mengatakan dalam pertemuan itu membahas pembangunan infrastuktur di Kota Singkawang, khususnya jalan.

"Kita membahas dan sekaligus mengusulkan pembangunan jalan," ujarnya. Selain pembangunan jalan yang melibatkan antar daerah dalam provinsi seperti pembangunan jalan Tol. Ia juga mengajukan sejumlah pembangunan jalan lainya.

"Kita membahas jalan tol. Nantinya Singkawang akan mendapat imbas dari pembangunan tol ini," imbuhnya.

Bahkan dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Singkawang ini juga mengusulkan pembangunan akses jalan menunuju Bandara Singkawang, pembangunan jalan jalan di kota Singkawang. 

"Karena pelebaran jalan hanya menuju Pasir Panjang dan semoga pelebaran jalan dapat merambah ke dalam kota," katanya.

Bahkan Wali Kota Singkawang didampingi Kepala Dinas Pekerjan Umun Kota Singkawang, Asyir Abu Bakar mengusulkan pembangunan jalan lingkar (Ring Road) yakni Ring Road Barat dan Ring Road Selatan. 

Usulan jalan lingkar guna akses jalan ke Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang melalui jalan lingkar.

"Berkas dan perencanaannya dimana didalamnya desaign dan data sudah kita sampaikan kepada kepala Balai," ungkapnya.

Tentu, lanjut mantan Ketua DPRD Singkawang ini, Pemkot sangat berharap apa yang menjadi usulan pihaknya dapat terwujud. Sebagai informasi Kementerian PUPR melalui Dirjen Bina Marga menyatakan layaknya pembangunan Tol Pontianak-Singkawang dengan panjang 144 Km, dimana Kota Singkawang menjadi Exit Tol dalam pembangunan ini, hal ini guna menunjang operasional pelabuhan Kijing di Kabupaten Mepawah serta dijadikannya Kota Pontianak yang merupakan ibukota Kalbar sebagai pusat kegiatan nasional (PKN). (har)
 

Berita Terkait