TNI Sita Ratusan Miras dari Negeri Jiran

TNI Sita Ratusan Miras dari Negeri Jiran

  Selasa, 11 June 2019 09:36
MINOL. Ratusan minuman beralkohol (minol) disita TNI di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Sekayam, kemarin. (istimewa)

Berita Terkait

Lebaran Miras Jiran Masuk

SANGGAU – Ratusan botol minuman keras yang masuk melalui jalur tikus di wilayah perbatasan di Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau disita oleh Tentara Nasional Indonesia yang bertugas di wilayah tersebut. Total 384 botol dibawa ke markas Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 Wanara Sakti untuk ditindaklanjuti.

Komandan SSK III Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Lettu Inf. Debry Wahyu Pranoto membenarkan adanya penyitaan minol oleh anggotanya pada saat melakukan pemeriksaan rutin kendaraan yang lalu lalang di wilayah tersebut. Sayangnya, pembawa ratusan minol tersebut berhasil melarikan diri.

 “Dugaan masuknya melalui akses ilegal di Jalan Poros Sungai Daun, Kecamatan Sekayam. Kemungkinan minol tersebut akan diperjualbelikan kembali ke wilayah perbatasan dan sekitarnya,” jelasnya kemarin.

 “Miras ini dipasok dari Malaysia menggunakan motor. Pelaku melarikan diri dan barangnya ditinggal ketika kami melakukan pemeriksaan rutin kendaraan yang melintas di Jalan Poros Sungai Daun,” ungkapnya.

Komandan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns Mayor Inf. Dwi Agung Prihanto menegaskan pengamanan di perlintasan tidak resmi yang menghubungkan sektor barat perbatasan Kalimantan Barat dengan Malaysia diintensifkan saat lebaran. Pemeriksaan dan patroli dilakukan lebih sering untuk memastikan tidak terjadi kegiatan ilegal di jalur tersebut. 

 “Pengamanan kami intensifkan sebagai antisipasi kerawanan pengiriman TKI nonprosedural lewat jalur tikus yang memanfaatkan momen arus balik lebaran. Selain itu, karena pelayanan KILB tidak beroperasi dari tanggal 30 Mei sampai 9 Juni, kami juga antisipasi upaya pemasukan barang di jalur tidak resmi itu,” terangnya. (sgg)    

Berita Terkait