TNI Geruduk Delapan Pemikul; Ikan Beku, Telur dan Sosis Disita

TNI Geruduk Delapan Pemikul; Ikan Beku, Telur dan Sosis Disita

  Sabtu, 18 May 2019 16:38

Berita Terkait

SANGGAU - Sedikitnya 180 kilogram daging ikan tuna beku yang dikemas dalam tiga dus bersama dengan 1.080 butir telur dan 1024 sosis kemasan disita oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 643 Wanara Sakti, Sabtu (18/5). 

Barang-barang tersebut disita dari delapan orang pemikul yang melintas di jalur tikus yang berada di sekitaran sektor kanan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, Kabupaten Sanggau. Pengungkapan ini diawali kegiatan patroli oleh prajurit TNI. 

"Para pemikul itu kami tangkap bersama barang yang mereka bawa berupa ikan beku, telur dan sosis. Mereka melalui sektor kanan PLBN. Bersamaan dengan mereka masuk, kami menggelar patroli," jelas Pasi Intel Satgas Yonmek 643/Wns, Lettu Inf. Dwi Ari Wibowo, Sabtu sore.

Dari keterangan para pemikul tersebut, barang-barang ilegal itu akan dijual ke pasar di perbatasan Entikong. Usai diperiksa, barang sitaan tersebut dilimpahkan ke Stasiun Karantina Pertanian Entikong serta Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Entikong untuk proses lebih lanjut. 

"Barang-barang tersebut kami sita karena melewati jalur tikus yang sudah pasti masuk secara ilegal. Sesuai aturan apabila barang bawaan akan masuk ke Indonesia harus melalui pemeriksaan di PLBN dulu," tegasnya.

Keberadaan jalur tikus memang kerap dimanfaatkan untuk memasukkan barang dari Malaysia. Kondisi ini jelas sangat merugikan negara. Sebagai langkah antisipasi, pihaknya akan menyiagakan personil untuk penjagaan kedua sisi di PLBN dari aksi penyelundupan. 

"Delapan pemikul diambil keterangannya dan nanti diserahkan ke instansi berwenang dalam penanganan kasus ini," ujarnya. (sgg)

Berita Terkait