Tips Menjadi Perempuan Milenial yang Sukses dan Cerdas

Tips Menjadi Perempuan Milenial yang Sukses dan Cerdas

  Sabtu, 23 March 2019 08:45
Ilustrasi perempuan milenial cerdas dan sukses. (dok Ivy Exec)

Berita Terkait

Perempuan modern saat ini menunjukkan, mereka adalah sosok yang multitasking. Perempuan mampu diandalkan di manapun dia berada, baik di tempat kerja, keluarga, ataupun lingkungan.

Perempuan milenial di era digital semakin membuat mereka cerdas dan kreatif. Menandai perayaan Hari Perempuan Internasional ke-16, Riset Accenture #EqualityDrivesInnovation dilakukan dengan melibatkan 18 ribu responden dari 27 negara, termasuk 700 responden Indonesia.

Tema dari penelitian memfokuskan pada dampak budaya terhadap lingkungan kerja, yang mendorong pada perkembangan dan kemampuan inovasi perusahaan. Hasil temuannya menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia telah memiliki kesadaran akan pentingnya inovasi dalam memajukan perusahaan mereka. Riset Accenture mengungkap bahwa di Indonesia, budaya kesetaraan mampu meningkatkan innovation mindset hingga tiga kali lipat. 

"Riset Accenture #EqualityDrivesInnovation menunjukkan bahwa budaya kesetaraan menjadi pendorong utama pola pikir inovatif yang memiliki dampak signifikan bagi kemajuan suatu perusahaan. Riset menunjukkan penghargaan setara pada kemampuan pekerja laki-laki maupun perempuan menjadi kunci innovation mindset," kata Managing Director Women in Accenture Sponsor di Indonesia Debby Alishinta dalam konferensi pers, Jumat (22/3).

Riset Accenture #EqualityDrivesInnovation mengukur kesetaraan pada perempuan di dunia kerja (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Menurut Debby, kesetaraan tidak melihat gender. Dan apa yang dilakukan milenial saat ini makin kreatif karena mereka punya banyak pilihan. Pilihan yang ada di masa lalu hanya terbatas.

"Misalnya harus mau dipilihkan jadi ini dan jadi itu oleh orang tua. Kalau perempuan milenial sekarang sudah bisa memilih apa yang mereka inginkan berdasarkan passion," ungkapnya.

Maka survei yang dilakukan pada milenial perempuan menunjukkan bahwa mereka tak hanya cerdas tetapi aktif secara sosial. Mereka juga ambisi dalam karir dan memiliki tingkat kohesivitas yang tinggi.

Maka Debby memberikan 5 tips agar perempuan milenial bisa menghadapi tantangan zaman dengan pola pikir yang cerdas dan aktif. Di antaranya,

Optimis

Menurutnya, semakin bertambahnya usia akan membuat perempuan milenial lebih matang. Tentu kunci utama adalah optimis, jangan pesimis. Lihat segala kesempatan yang ada di depan mata.

Jangan Ikuti Tren

Pilihlah segala hal sesuai dengan passion atau keinginan. Memilih sesuatu yang disukai. Jangan hanya mengikuti tren.

Bangun Jaringan

Membangun networking atau jejaring. Siapapun tak tahu ke depannya akan bernasib seperti apa. Maka ketika jatuh terpuruk, setiap orang pasti membutuhkan uluran tanga onrang lain.

Melek Digital

Perempuan milenial juga harus melek dunia digital dan media sosial. Bijak dalam menggunakan media sosial. Dan selalu menyerap segala informasi dengan positif. Apalagi bagi perempuan yang menjadi influencer juga harus menyebarkan semangat positif. Sebab setiap jejak digital akan bisa membuat imej atau framing pada seseorang.

Sehat Jiwa dan Mental

Perempuan milenial yang aktif dan cerdas harus mengetahui kapan mereka harus mengelola stres karena tuntutan pekerjaan dan sosial. Mereka harus punya waktu untuk istirahat atau break. Sebab banyak milenial saat ini justru rentan sakit karena terlalu memforsir kinerja. Carilah hiburan di waktu senggang dengan cara sederhana misalnya ke salon dan tetap menjalani pola hidup yang sehat.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah 
Reporter      : Marieska Harya Virdhani/Jawa Pos

Berita Terkait