Tingkatkan Literasi, Terbitkan Perda Perpustakaan

Tingkatkan Literasi, Terbitkan Perda Perpustakaan

  Rabu, 24 April 2019 11:19
BUKA: Marchues Afen saat membuka sosialisasi Perda Kabupaten Sintang nomor 5 tahun 2019.

Berita Terkait

SINTANG-Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum, Marchues Afen membuka acara Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Sintang nomor 5 tahun 2019 tentang Perpustakaan, di Aula Kantor CU Keling Kumang Sintang, Selasa (23/04) kemarin.

Sekda Bidang Administrasi Umum ini menyampaikan bahwa melalui pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan ini sebagai bentuk sarana pembelajaran guna mewujudkan masyarakat yang cerdas.

“Pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan diarahkan pada upaya untuk meningkatkan kegemaran membaca di kalangan masyarakat,” ujar Marchues Afen. 

Menurut Marchuas Afen lagi, perpustakaan berperan sangat penting sebagai sumber informasi. Hal ini karna, perpustakaan juga merupakan institusi yang mengelola koleksi data yang sangat luas dan lengkap. Ia mengungkapkan bahwa keberadaan perpustakaan perlu didorong dengan baik termasuk diberi payung hukum yang jelas. 

“Hal ini sangat penting untuk operasional perpustakaan baik dalam perencanaan, pelaksaan dan pengawasan kerjanya. Sosialisasi ini dilaksanakan guna memotivasi kita smeua agar dapat membentuk perpustakaan pada lembaga-lembaga kita,” pungkasnya. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang, Iwan Setiadi, SE.,M.Si juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan peraturan daerah tentang perpustakaan. Ia juga mengungkapkan bahwa adanya payung hukum ini akan membantu masyarakat dalam mendayagunakan keberadaan perpustakaan.

“Kita ingin menghimpun kebersamaan untuk berkolaborasi mencerdaskan masyarakat Sintang. Selain itu kita juga mau meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Sintang ini,” ujarnya lagi. 

Peserta kegiatan ini ditargetkan mencapai 100 orang. Pihak penyelenggara mengundang berbagai OPD, instansi vertikal, pihak sekolah dan komunitas pegiat literasi di Kabupaten Sintang.

“Perlu juga saya informasikan kepada kita semua bahwa dari  14 kabupaten kota di Kalbar, baru Sintang yang sudah punya Perda mengenai perpustakaan selain di tingkat provinsi,” kata Iwan Setiadi. (fds)

Berita Terkait