Tingkatkan Fasilitas dan Infrastruktur Pendidikan

Tingkatkan Fasilitas dan Infrastruktur Pendidikan

  Jumat, 26 April 2019 10:37
TINJAU UJIAN: Wakil Bupati, Muhammad Pagi saat meninjau pelaksanaan hari terakhir UNBK SMP di Anjongan dan Toho. WAHYU JARTHAKUSUMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk memajukan sektor pendidikan. Salah satunya dengan meningkatkan mutu dan kualitas fasilitas serta infrastruktur pendidikan di Kabupaten Mempawah.

“Sudah menjadi tekad dan komitmen Ibu Erlina dan saya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabuaten Mempawah. Kami akan bekerja keras untuk mencapai kemajuan tersebut,” kata Muhammad Pagi saat meninjau pelaksanaan hari terakhir UNBK tingkat SMP di Kecamatan Anjongan dan Toho, Kamis (25/4) pagi.

Menurut Muhammad Pagi, sektor pendidikan memiliki peranan yang penting dan strategis. Sebab, pendidikan berkaitan dengan upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Mempawah. “Saat ini angka IPM Kabupaten Mempawah masih belum baik. Maka, target kami di tahun 2019 ini dapat meningkatkan IPM. Nah, salah satu yang akan kami benahi adalah dunia pendidikan,” sebutnya.

Dalam upaya memajukan dunia pendidikan, Muhammad Pagi mengatakan pihaknya fokus pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan itu sendiri. Yakni dimulai dari peningkatan SDM tenaga pendidik. “Kalau tenaga pendidiknya sudah baik, Insha Allah para anak didik akan mendapatkan ilmu yang berkualitas. Maka, kuncinya ada pada tenaga pendidik. Ini yang sedang kami upayakan agar lebih baik nantinya,” ujarnya.

Disamping itu, Muhammad Pagi juga memastikan Pemerintah Kabupaten Mempawah akan membenahi infrastruktur pendidikan. Karena, infrastruktur tersebut akan menopang kelancaran proses belajar mengajar di lingkungan sekolah.

“Ruang kelas dan infrastruktur pendukung lainnya akan kami upayanya untuk terus ditingkatkan. Kita prioritaskan sekolah-sekolah yang memang membutuhkan fasilitas tersebut. Nanti akan kita data melalui dinas teknis terkait,” tuturnya.

Terakhir, dia menyebut fasilitas pendidikan menjadi poin penting dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas dunia pendidikan di Kabupaten Mempawah. Fasilitas tersebut berkenaan dengan ketersediaan peralatan dan perangkat elektronik yang dibutuhkan dunia pendidikan saat ini.

“Pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi. Karena, jika kita tidak mengikutinya makan akan semakin tertinggal. Contohnya penggunaan laptop atau komputer di sekolah. Ini akan coba kita penuhi sesuai kemampuan daerah,” tukasnya. (wah)
 

Berita Terkait