Tingkatkan Budaya Gotong Royong

Tingkatkan Budaya Gotong Royong

  Senin, 9 November 2015 10:20
GOTONG ROYONG: Para Prajurit Kodim 1207/BS tampak membaur bersama masyarakat untuk melakukan karya bhakti di Kampung Dalam Bugis belum lama ini Foto: istimewa

PONTIANAK – Sekitar 200  prajurit Kodim 1207/BS belum lama ini terjun langsung ke Kampung Beting Kelurahan Kampung Dalam Bugis untuk melakukan karya bhakti bersama masyarakat setempat. Upaya merangkul masyarakat untuk membersihkan lingkungan tersebut disambut antusias oleh masyarakat Kampung Dalam Bugis.“Kami berharap dengan adanya kegiatan karya bhakti ini bisa meningkatkan kemitraan dan ikatan kekeluargaan antara TNI dengan masyarakat di lapangan,” kata Komandan Kodim 1207/BS Kolonel Inf Zacky Ariestanto.

Tujuan lain dari kegiatan tersebut yaitu untuk membudayakan kembali kegiatan gotong royong di masyarakat. Kendati dilakukan dalam waktu yang cukup singkat, namun kegiatan karya bhakti dengan membersihkan parit dan halaman di sekitar Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman itu  dinilai cukup optimal dalam meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan antara TNI dengan masyarakat.

Membersihkan parit dan sejumlah selokan dan sampah secara bersama-sama tersebut dinilai menjadi salah satu langkah untuk membersihkan lingkungan. Apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan.“Jika banyak sampah  terutama sampah plastik tidak menutup kemungkinan akan menjadi tempat atau sarang nyamuk untuk berkembang biak. Makanya kami berusaha mengajak masyarakat membersihkan parit termasuk lingkungan sekitar. Dampak positif lain yang dirasakan, kalau parit sudah bersih maka tidak akan menyumbat saluran air,” ungkapnya, seraya juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan budaya membuang sampah pada tempatnya dan membudayakan pola hidup sehat. (ash)

.