Tim Pelayanan KB DAS BKKBN Kalbar Susuri Sungai dari Kubu Raya hingga Kapuas Hulu

Tim Pelayanan KB DAS BKKBN Kalbar Susuri Sungai dari Kubu Raya hingga Kapuas Hulu

  Selasa, 4 December 2018 07:01

Berita Terkait

PONTIANAK-Puluhan petugas dari lintas sektoral, yang tergabung sebagai Tim Pelayanan KB (mobile) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Senin sore dilepas menggunakan kapal klotok yang dimulai dari Dermaga Kubu Raya. Dalam tugasnya, dimulai dari 3-11 November dengan finish pelayanan KB di Kabupaten Kapuas Hulu.

Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN, Eka Sulistia Ediningsih mengapresiasi Kepala BKKBN Kalbar beserta jajaran yang tetap komit terhadap upaya melayani dan memberikan akses serta kemudahan bagi masyarakat Daerah Aliran Sungai disepanjang 1100 km untuk mendapatkan pelayanan informasi program KKBPK dan pelayanan kontrasepsi dengan menyelenggarakan pelayaran ini.

Program KKBPK dilaksanakan untuk mendukung program prioritas pemerintah yaitu nawacita ke lima. Yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia kemudian membangun negara dari pinggiran dan membangun karakter bangsa.

Melalui program KKBPK diharap setiap keluarga di Indonesia dapat dibantu untuk merencanakan kehidupan keluarga secara optimal, mulai dari pendewasaan usia pernikahan, pengaturan kelahiran, peningkatan ketahanan keluarga, dan pemberdayaan ekonomi keluarga.

Dia melanjutkan, pelayanan perencanaan keluarga oleh BKKBN sebagai sahabat keluarga yang dilakukan bersama mitra kerja ini harus bisa dirasa seluruh masyarakat Indonesia, di Kalbar tentu saja harus dirasakan oleh seluruh masyarakat Kalbar, tidak terkecuali masyarakat DAS, melalui pelayaran DAS dengan jarak yang optimal mencerminkan upaya bahwa negara hadir disetiap persoalan dan mukim warganya.

Di tempat sama, Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana, menjelaskan pelayanan KB di Daerah Aliran Sungai merupakan pelayanan komunitas lokal yang hanya ada di Provinsi Kalimantan Barat. 

Dalam cakupan pelayanan difokuskan pada masyarakat daerah tertinggal, perbatasan dan aliran sungai. "Apa yang dilakukan ini merupakan bentuk pelayanan negara khususnya pelayanan KB," ungkapnya.

Dalam ekspedisi kali ini, selain petugas KB, juga diikuti lintas sektoral. "Perwakilan TNI AD, AL, Lanud sampai Kementan juga ikut dalam ekspedisi ini. Nanti dalam pelayaran, semua pihak juga ikut memberikan sosialisasi sesuai bidangnya," tutup Kusmana.(iza)

Berita Terkait