Tim Masih Belum Sempurna

Tim Masih Belum Sempurna

  Sabtu, 16 February 2019 09:54
Osavaldo Haay

Berita Terkait

Timnas U-22

 

JAKARTA - Tim nasional (timnas) Indonesia bertolak ke Phnom Pehn, Kamboja untuk menjalani Piala AFF U-22 2019. sebelumnya, sehari setelah libur paska uji coba melawan Madura United, Timnas U-22 menjalani dua kali sesi latihan, yaitu pagi dan sore di Lapangan ABC, Senayan.

Dalam sesi latihan tersebut sudah diisi oleh 23 pemain terpilih. Selain itu, Andy Setyo didapuk sebagai kapten tim. Indra mengatakan pemilihan Andy karena dia memang satu-satunya pilihan. "Dia (Andy) bisa memimpin dan menjadi contoh yang baik. Selain itu, Andy bisa jadi jembatan dari saya ke para pemain atau sebaliknya," kata Indra.

Sebelum berangkat, latihan itu lebih berfokus pada sesi recovery. Tidak hanya itu, Indra juga masih memberi materi latihan yang lain, yaitu tentang pasing. "Sebagus apapun tim dengan taktikal, kalau banyak salah passing tidak ada gunanya. Selalu altih tiap hari bagiamana kualitas passing mereka, passing support dan possesion mareka yang makin hari makin baik," ungkap pelatih berusia 56 tahun itu.

Apakah hal tersebut menjadi evaluasi dari tiga kali uji coba ? Indra mengatakan memang masih banyak hal yang perlu dibehani. Dari tiga kali uji coba, timnas hanya meraih hasil imbang. "Jangan pikir kami sudah sempurna. Proses juga perlu disupport. Progres tim bisa dilihat dari peningkatan pemahaman. Makanya AFF ini kami jadikan evaluasi untuk AFC nanti."

Terkait pemilihan pemain, Indra mengatakan bahwa jumlah tersebut sudah final. Terkait masalah Saddil Ramdhani, Indra sudah hilang harapan. "Saya nggak tau.Bisa atau nggak, itu tergantung federasi dan Pahang FA. Yang jelas saya sudah siapkan 23 pemain," imbuhnya.

Selain itu, Osavaldo Haay sudah menjalani latihan paska menjalani trial di Spanyol. Dia memang tidak mengikuti toga uji coba bersama timnas, namun pemain Persebaya Surabaya itu tetap ingin memberikan sumbangsih untuk tim saat berlaga di AFF nanti. Terutama ilmu yang sudah ia peroleh dari luar negeri.

"Lawan punya kualitas yang sama kayak kami. Tapi kami tetap optimis bisa meraih kemenangan. Itu sangat penting apalagi kemenangan pertama. Bisa menjadi motivasi untuk selanjutnya. Targetnya harus kerja keras dengan teman-teman untuk mendapat hasil yang baik," kata Osvaldo. (gil)

Berita Terkait