Tiga WNI Sandera Abu Sayyaf Cek Kesehatan sebelum Pulang

Tiga WNI Sandera Abu Sayyaf Cek Kesehatan sebelum Pulang

  Minggu, 2 Oktober 2016 13:41

Berita Terkait

JAKARTA - Tiga warga negara Indonesia yang disandera kelompok pemberontak militan Filipina, Abu Sayyaf, berhasil dibebaskan. Ketiga sandera itu ialah Ferry Arifin, M Mahbur Dahlan, Edi Suryono. "Tadi malam sudah dijemput oleh tim khusus dan telah dibebaskan pukul 23.35 tadi malam," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di kantor Panglima TNI di Jalan Medan Merdeka Barat, Minggu (2/10).

Menurut Retno, ketiga sandera saat ini sudah berada di Sulu. Mereka saat ini bergabung bersama Joint Task Force Sulu (JTFS) di Provinsi Sulu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Menurut Retno, mereka nantinya akan dibawa ke Zamboanga  City untuk serah terima dari otoritas Filipina dengan Pemerintah RI yang diwakili Kedutaan Besar RI di Manila. 

Soal kepulangan ketiganya, Retno berujar, akan disampaikan setelah proses di Zamboanga selesai. Yang jelas, keluarga ketiga sandera sudah diberitahu Pemerintah RI. 
Hanya saja, Menteri Retno maupun Panglima Gatot tak menjelaskan proses bebasnya tiga sandera ini. Usai memberikan keterangan pers, kedua pejabat ini tidak menjelaskan detail saat ditanya wartawan. "Sudah ya terima kasih," kata Retno. Panglima pun enggan menjelaskan karena ia hanya mendampingi Menteri Retno. (ody)

Berita Terkait