Tiga Maskapai Tambah Jumlah Penerbangan

Tiga Maskapai Tambah Jumlah Penerbangan

  Selasa, 4 June 2019 05:14
MUDIK : Aktivitas arus penumpang di Bandara Internasional Supadio Pontianak pada Mudik Lebaran 2019 cukup padat mendekat Hari Raya Idulfitri 1440 H. SITI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Sejumlah maskapai menambah jumlah penerbangannya (extraflight)untuk sejumlah rute dari dan menuju Pontianak. Hal ini dilakukan untuk menjawab permintaan yang tinggi akan angkutan udara pada arus mudik lebaran di tahun ini. 

General Manager Bandara Internasional Supadio Pontianak, Jon Mukhtar Rita mengatakan, ada tiga maskapai yang menambah jumlah penerbangannya pada mudik tahun ini. “Ada tiga maskapai yang melakukan extraflight, yakni Lion Air rute Jakarta, Nam Air ke Ketapang, dan Xpress Air ke Jogja,” ungkap dia, Minggu (3/6).

Diakuinya, ketiga rute tersebut mengalami lonjakan permintaan yang cukup tinggi. Namun penambahan jumlah penerbangan tersebut, diakuinya tidak berlangsung dalam waktu yang lama. “Hanya beberapa hari, sekitar satu minggu,” sebut dia.

Jon menuturkan, pada awal Ramadan, maskapai sudah mengantisipasi adanya lonjakan penumpang pada arus mudik lebaran di tahun ini. Maskapai menurutnya telah memperhitungkan potensi peningkatan jumlah penumpang, sehingga mereka memutuskan untuk menambah atau tidak menambah jumlah penerbangan. “Jika mereka (maskapai) mempredikisi adanya kenaikan penumpang, dan dari hasil hitungan, mereka butuh menambah, pasti mereka tambah (extraflight),” jelas dia.

Sementara itu pada arus mudik lebaran di tahun ini, diakuinya ada sejumlah rute yang mengalami kenaikan jumlah penumpang. Rute terbesar, sebut dia, saat ini adalah Jakarta, disusul Surabaya Semarang Batam, dan Jogjakarta. 

Sedangkan untuk rute dalam provinsi, yakni, Ketapang, Sintang, dan Putussibau, diakuinya tidak terlalu mengalami peningkatan yang terlampau signifikan. “Kalau ke daerah (dalam provinsi) itu satu pesawat muat 70 penumpang. Memang ada peningkatan, tapi tidak signifikan,” tutur dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, arus mudik mulai padat sejak H-7 lebaran. Arus penumpang diperkirakannya masih padat hingga H+7 lebaran mendatang. Dia memprediksi, rata-rata arus penumpang pada H-7 hingga H+7 lebaran sebesar 12 ribu orang. Jumlah penumpang di tahun ini pun diakuinya naik lebih dari 20 persen bila dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Pada hari normal, arus penumpang di bandara mencapai 10 ribu orang. Baik yang datang maupun pergi jumlahnya hampir sama,” pungkas dia. (sti) 

Berita Terkait