Tiga Kebijakan Kesehatan 2019-2023

Tiga Kebijakan Kesehatan 2019-2023

  Kamis, 2 May 2019 11:21
SAMPAIKAN KEBIJAKAN : Wakil Bupati M Pagi saat membuka kegiatan rapat kerja kesehatan dan KB ISTIMEWA

Berita Terkait

Rapat Kerja Kesehatan dan KB

MEMPAWAH - Pemerintah Kabupaten Mempawah menetapkan tiga arah dan kebijakan kesehatan tahun 2019-2023 mendatang. Kebijakan tersebut diyakini mampu mencapai target dan sasaran pembangunan kesehatan di masyarakat. Salah satunya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi saat membuka kegiatan rapat kerja Kesehatan dan Keluarga Berencana Daerah Kabupaten Mempawah di Aula Kantor Bupati Mempawah, kemarin siang.

Wabup menjabarkan, tiga arah dan kebijakan kesehatan tersebut mencakup, peningkatan kesehatan ibu dan anak. Yakni dilakukan dengan upaya meningkatkan layanan gizi dan kesehatan ibu dan anak.

“Kedua, peningkatan status kesehatan masyarakat mempunyai arah kebijakan meinngkatkan pola hidup bersih dan sehat pada masyarakat, penyediaan data dan informasi kesehatan. Serta, penyediaan obat dan perbekalan kesehatan yang memadai,” tuturnya.

Ketiga, timpal M Pagi, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan yang mempunyai arah kebijakan meningkatkan pelayanan kesehatan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan dan perluasan kapasitas dan fasilitas kesehatan rumah sakit.

“Melalui arah kebijakan itu diharapkan dapat menjawab isu-isu strategis kesehatan yang memerlukan akselerasi daerah. Seperti pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular (PTM), percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI), dan angka kematian neonatal (AKN), peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, percepatan eliminasi TB, dan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Mempawah,” ujarnya.

Pembangunan kesehatan, terang Pagi,  menurut UU Nomor 25/2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Supaya terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan SDM yang produktif secara sosial dan ekonomis.

“Sedangkan pada pasal (1) dan pasal (2) UU Nomor 36/2009 tentang kesehatan, disebutkan kesehatan adalah keadaan yang sehat, baik fisik maupun mental serta spiritual dan sosial yang memungkinkan setiap orang dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis,” paparnya.

Maka, lanjut Wabup, sasaran pembangunan kesehatan meliputi peningkatan status kesehatan ibu, anak dan gizi masyarakat, menurunnya penyakit menular dan tidak menular, meningkatnya perlindungan finansial, meningkatnya pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan serta meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

“Karena itu, pencapaian sasaran kesehatan tersebut bukan semata menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah daerah saja, melainkan juga seluruh komponen masyarakat mulai dari tingkat pusat hingga daerah,” tegasnya.

Tahun lalu, Wabup mengatakan, angka kematian ibu di Kabupaten Mempawah sebanyak 2 orang. Jumlah ini menurun dibandingkan tahun 2017 sebanyak 7 orang. Sedangkan angka kematian neonatal (bayi) sebanyak 15 kasus. Menurun dibandingkan tahun 2017 sebanyak 22 kasus.

“Sedangkan stunting sebesar 28%, desa dengan universal child immunsation (UCI) 56,72%, angka case notification rate (CNR) TBC tahun 2018 sebanyak 120 kasus per 100 ribu jumlah penduduk,” urainya.

Wabup menilai, pencapaian cakupan kesehatan semesta diperlukan pemberdayaan masyarakat. Perhatian terhadap masalah kesehatan terus dilakukan terutama dalam perubahan paradigma sakit ke paradigma sehat. Paradigma sakit merupakan upaya untuk membuat orang sakit menjadi sehat. Sedangkan paradigma sehat merupakan upaya membuat orang sehat agar tetap sehat.

“Perubahan paradigma dapat menjadikan masyarakat sebagai pemeran utama dalam pencapaian derajat kesehatan dengan perubahan paradigma sakit menjadi paradigma sehat ini dapat membuat masyarakat menjadi mandiri dalam mengusahakan dan menjalankan upaya kesehatannya,” tukasnya. (wah)

Berita Terkait