Terus Tambah Ilmu dan Wawasan

Terus Tambah Ilmu dan Wawasan

  Sabtu, 21 April 2018 08:26

Berita Terkait

Amalia Atika, SH., M.Kn, Anggota DPRD Kota Pontianak

-------------

Minimnya dasar-dasar politik tak menyurutkan langkah Amalia Atika, SH., M.Kn untuk terjun di dunia politik. Ia terus belajar menguasai semua bidang komisi dan badan kelengkapan. Mulai dari Badan Legislasi, Badan Anggaran, dan Badan Kehormatan. Ini merujuk pada undang-undang yang ditelah diatur pemerintah, perpres, perwa, dan perda.

 

“Dari yang tidak tahu mekanisme pembuatan perda,  sampai akhirnya sangat mencintai. Saya aktif menyosialisasi perda pada masyarakat,” ungkap anggota DPRD Kota Pontianak termuda ini.

Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat mengetahui proses terbitnya peraturan daerah. Amalia turut melibatkan masyarakat, dengan meminta pendapat agar perda sesuai dengan keinginan masyarakat.  

Saat berada di Komisi D, Amalia dipercaya menjabat sebagai sekretaris. Amalia tak segan belajar cara mengambil keputusan final dalam kerja tim komisi, menyelesaikan masalah-masalah yang diaspirasikan masyarakat kepada komisi. Ia juga menghadapi audiensi ketika masyarakat demo,  maupun audiensi langsung tatap muka bersama dewan. Di komisi ini, ia bermitra dengan komisi kesejahteraan masyarakat, menyangkut kesehatan, pendidikan, dan lainnya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Pada tahun kedua sebagai anggota dewan, Sarjana Kenotariatan ini dirotasi di Komisi B yang membidangi pembangunan dan infrastrukur. Amalia bermitra dengan Dinas PU/PR, Cipta Karya, Dishub, dan lainnya. Amalia banyak turun ke lapangan mengenai pembangunan yang ada di Kota Pontianak.  Pada tahun ketiga ia berada di Komisi C yang membidangi ekonomi. Di sini ia belajar tentang keuangan daerah, karena bermitra dengan BKD, Bank Kalbar, PDAM, PLN, dan lainnya.

“Tahun ini saya berada di Komisi A sebagai wakil ketua komisi yang membidangi pemerintahan dan hukum. Menyelesaikan permasalahan terkait hukum yang disampaikan masyarakat, seperti sengketa tanah, administrasi yang tak tertangani, atau diabaikan,” jelas Amalia.

Komisinya bermitra dengan SKPD, BPN, dan seluruh dinas yang berhubungan engan hukum dan pemerintahan. Tak menutup kemungkinan Amalia bisa membentuk rapat gabungan antar semua komisi atau beberapa komisi jika ada masalah yang ada saling berkaitan pada bidang komisi masing-masing.

Selama empat tahun terjun sebagai dewan, Amalia terus belajar lebih baik dalam menguasai aturan yang ada dan sesuai tupoksinya sebagai anggota dewan. Amalia sangat mencintai proses pembelajaran tersebut. Ia dapat menambah wawasan ilmu dan pengalaman hidup, khususnya saat bertemu langsung dengan masyarakat dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Saya merasa sangat bermanfaat bisa berada dalam bagian proses tersebut dan mengabdi pada masyarakat,” pungkasnya.**

Berita Terkait