Terus Mutakhirkan Aturan Main

Terus Mutakhirkan Aturan Main

  Kamis, 11 Oktober 2018 10:00
PERATURAN : Icha, dari DBL Indonesia memperkenalkan aturan main Honda DBL West Kalimantan Series 2018 kepada peserta kompetisi.

Berita Terkait

Honda DBL West Kalimantan Series 2018

HONDA Developmental Basketball League (DBL) West Kalimantan Series 2018 akan digelar  pada 20 hingga 27 Oktober mendatang di Gedung Olahraga (GOR) Pangsuma. Panitia  Honda DBL West Kalimantan Series 2018 telah mengadakan pertemuan teknis atau  technical meeting (TM) untuk tim yang akan bertanding, Rabu (10/10), di Aula Rumah Dinas Wakil Wali Kota Pontianak, Jalan KS Tubun. 

Pertemuan dihadiri perwakilan tim dari 17 sekolah yang mengikuti kompetisi. Terdiri dari 17 Tim basket putra dan 11 tim basket putri. Acara ini nantinya juga dimeriahkan dengan kompetisi dance antarsekolah. 

Setiap tahun, PT DBL Indonesia sebagai regulator kompetisi terus memutakhirkan aturan main di Honda DBL. Sejumlah regulasi baru kembali dicantumkan, mulai dari peraturan umum dan peraturan khusus Honda DBL yang diselenggarakan pada tahun ke 11 ini. Terutama terkait sistem dan waktu pertandingan. 

Basketball Operation PT DBL Indonesia, Fattah Bagoes Pratama mengatakan  peraturan permainan yang digunakan adalah peraturan  FIBA 2017 dan telah disesuaikan dengan peraturan Honda DBL West Kalimantan Series 2018. 

“Tidak rumit peraturannya, dan saya yakin tim basket yang berkompetisi ini juga sudah update,” ucap Fattah.

Fattah menjelaskan batasan pemain kini lebih luas dibanding tahun sebelumnya. 

“Kalau edisi sebelumnya peserta hanya boleh dari kelas XI dan XII, tahun ini pelajar kelas X juga boleh jadi peserta,” urai dia.

Selain itu, para peserta akan melalui tes akademik. Dia menerangkan tes akademik bertujuan sebagai penegas, bahwa esensi peserta yang berlatar belakang pelajar adalah kemampuan akademiknya. Proses tersebut dinilai penting, agar siswa tidak hanya mahir dan berprestasi di olahraga, juga harus benar-benar mampu dan berprestasi pada bidang akademik. 

Tes itu pun bakal memengaruhi komposisi tim peserta. Bagi yang tak lulus, tidak diperkenankan membela timnya di Honda DBL. Pelatih pun diberi kesempatan mencari pengganti. Aturan baru ini diharapkan memotivasi siswa siswi belajar sebagai tanggung jawab utamanya.

Rangkaian kegiatan Honda DBL West Kalimantan Series 2018 di mulai saat TM, pertandingan, pemilihan Honda MVP, pemilihan DBL first team, Honda DBL camp, sampai dengan terbentuknnya Honda DBL Indonesia All-star.  (mrd)

 

Berita Terkait