Tertib Lalulintas; Go To School dan Siar Radio

Tertib Lalulintas; Go To School dan Siar Radio

  Jumat, 4 May 2018 11:00
SATLANTAS; Jajaran satlantas saat memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang pentingnya keselamatan lalu lintas bagi pengguna kendaraan di jalan raya. HUMAS POLRES MELAWI FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

NANGA PINOH - Jajaran polisi lalu lintas belum lama ini menggelar go to school dalam rangkaian kegiatan Operasi Patuh Kapuas 2018 di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Melawi.

Kegiatan go to school ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman sejak dini kepada siswa-siswi agar tertib dalam berlalu lintas. Hadir pada kegiatan itu perwakilan para guru dan para pelajar di SMA Negeri 2 Kecamatan Belimbing. "Adapun tujuan sosialisasi lalu lintas kepada para pelajar ini untuk menanamkan jiwa tertib berlalulintas. Serta memberikan wawasan tentang keselamatan lalu lintas," ucap Kanit Dikyasa Polres Melawi Aiptu Suyono, Kamis (3/5).

Dia mengatakan kegiatan go to school juga bagian dari kepedulian pihak kepolisian kepada generasi masyarakat kedepan. Diharapkan pada kesempatan ini para pelajar senantiasa menjadi pelopor untuk tertib berlalu lintas di lingkungan sekolah maupun di tengah kehidupan bermasyarakat.

Ia menuturkan dengan adanya kegiatan ini juga dapat menambah pengetahuan tentang disiplin berlalu lintas. Khususnya kepada anak usia dini yang nantinya akan menjadi pelaku berlalu lintas baik menjadi pengendara roda dua maupun roda empat di jalan raya.

"Memberikan pemahaman sejak dini tentang kesadaran berlalu lintas ini sangat perlu bagi anak anak kita di sekolah. Sehingga diharapkan mereka kedepan bisa menjadi pelopor dalam menjaga ketertiban berlalu lintas dijalan raya," harap Kanit Dikyasa Aiptu Suyono juga didampingi Srikandi Satuan Lalu Lintas Bripda Janet Wulandari Sirait dan Bripda Merry. S melaksanakan sosialisasi lalu lintas kepada pelajar.

Semantara Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, SIK, MSi melalui Kasat Lantas AKP Aang Permana, SIP menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Serta mengetahui tentang peraturan lalu lintas sejak dini dan selalu berprilaku tertib berlalu lintas di jalan raya.

"Pemahaman sejak dini tentang tertib berlalu lintas perlu disampaikan. Seperti hal-hal kecil, contohnya harus menggunakan helm SNI. Serta tidak lupa memasang safety firstnya. Jika sudah cukup umur untuk mengendarai sepeda motor dan sudah memiliki SIM," jelasnya.

Dia menyatakan bagi para pelajar yang belum memiliki SIM diharapkan tidak mengendarai sepeda motor sendiri. Sebaiknya diantar oleh kedua orangtuanya demi keamanan dan keselamatan para pelajar itu sendiri maupun keselamatan bagi pengguna kendaraan lain.

Ia mengungkapkan jajaran Satlantas tidak hanya memberikan pemahaman kepada para pelajar. Tapi pihaknya juga secara rutin memberikan sosialisasi tentang ketertiban dan keselamatan dijalan raya baik melalui siaran radio maupun sosial tatap muka kepada tokoh masyarakat.

"Kami terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati saat berkendaraan. Serta diharapkan kelengkapan kendaraan mulai dari helm standar SNI, Spion lengkap, sepeda motor standar (bukan modifikasi) dan kelengkapan surat-surat kendaraan STNK, SIM dan yang paling penting tetap taati peraturan lalu lintas, demi keselamatan diri dan orang lain saat berkendara di Jalan raya," imbuh Kasat Lantas Polres Melawi.  (irn)

Berita Terkait