Terobosan PKM Untan, Aplikasi Diet Dash untuk Pasien Hipertensi

Terobosan PKM Untan, Aplikasi Diet Dash untuk Pasien Hipertensi

  Sabtu, 19 May 2018 10:49

Berita Terkait

LEMBAGA Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Untan Pontianak  melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) DRPM-DIKTI Tahun 2018 menggelar Penguatan Pengetahuan dan Keterampilan pada Kader Pendamping Pasien Hipertensi.  

Kegiatan menjelang peringatan hari hipertensi sedunia yang jatuh pada 17 Mei itu  bekerjasama dengan Puskesmas Sungai Raya Dalam dan PKK Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan tersebut dilaksanakan Senin (14/5) 2018 di Sekretariat PKK Kabupaten Kubu Raya di Jl. Adisucipto Kubu Raya. Dihadiri  kader dari perwakilan seluruh Puskesmas di Kabupaten Kubu Raya dan Kader dari PKK Kabupaten Kubu Raya.

Adapun narasumber kegiatan ini antara lain dr Diska Astarini dan Suyanti, ST, Gz yang membahas tentang Peranan Diet bagi Penderita Hipertensi. Dalam pembahasan tersebut disebutkan sampai saat ini kecenderungan penderita hipertensi tergantung pada obat-obatan.

Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari tidak disiplin dalam mengkonsumsi obat secara teratur sehingga memungkinkan tidak terkontrolnya tekanan darah dan dapat membahayakan penderita.

Narasumber lainnya, dari Tim PKM yang diketuai Oke Anandika Lestari, STP, MSi dengan anggota Dr. Ir. Yohana S K Dewi, MP dan Dr. Nurmainah, SSi, Apt melakukan terobosan teknologi makanan fungsional dalam Diet Dash (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Terobosan tersebut untuk diaplikasikan bagi penderita hipertensi dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kegiatan ini dilakukan diseminasi teknologi kepada para kader untuk meningkatkan keterampilan membuat olahan pangan yang dapat diaplikasikan bagi penderita hipertensi dan masyarakat sekitarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk mencegah timbulnya penyakit hipertensi sejak dini, dan mencegah komplikasi bagi penderita hipertensi lebih lanjut.(ser) 

 

Berita Terkait