Temukan Uang Palsu hingga Rp1 Juta, Beredar di Pasar Sukadana

Temukan Uang Palsu hingga Rp1 Juta, Beredar di Pasar Sukadana

  Selasa, 26 January 2016 10:55
UANG PALSU: Salah satu anggota Polsek Sukadana saat memeprlihatkan uang palsu yang diperoleh dari salah satu pedagang yang ada di Kota Sukadana. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Persebaran uang palsu (upal) kembali terjadi di Kayong Utara. Kali ini menimpa pemilik toko sembako atas nama Hengky Gunawan yang berada di Jalan Kota Karang. Adapun jumlah upal yang terdapat di tokonya sebesar Rp1.350.000, dengan pecahan Rp100 ribu sebanyak delapan lembar dan Rp50 ribu, 11 lembar.

 
Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sukadana AKP Hoerrudin melalui salah satu anggota Reskrim Polsek Sukadana menjelaskan jika temuan upal tersebut berdasarkan laporan dari korban. Menurut mereka, korban mendapatkan upal tersebut dari konsumen yang berbelanja menggunakan upal, 15 Januari lalu. Selanjutnya, korban baru menyadari ketika akan menghitung pendapatan yang diperolehnya pada malam harinya. Ternyata, setelah dicek menggunakan alat pendeteksi di rumahnya, ia baru menyadari  jika bahwa terdapat Rp1.350.000 upal.

Hingga saat ini, pihak kepolisian sedang menyelidiki kasus peredaran uang palsu ini. “Saat ini kita masih melakukan penyelidikan peredaran uang palsu ini,” ujar sumber di Polsek Sukadana, Senin (25/1).

Menyikapi kasus ini, atas nama Kapolsek, mereka mengimbau kepada seluruh masyarakat Kayong Utara, khususnya di Sukadana, agar dapat melihat secara detail setiap warga yang berbelanja. Tak dipungkiri mereka jika uang tersebut kalau hanya dilihat secara sekilas, sangat mirip dengan uang aslinya. Sehingga, warga harus melihat secara detail uang pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu. “Setiap ada orang yang belanja harus dicek benar-benar, terutama pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu,” terang sumber tersebut.Sementara itu, adapun perbedaan untuk upal memiliki warna yang sedikit buram, hologram dari BI tidak mengkilat, dan ada sebagian uang memiliki nomor seri yang sama. (dan)

 

Berita Terkait